oleh

Pemko Rembug Bareng Kemenag dan Polres Bahas Pelepasan JCH 1440 H

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Pemerintah Kota Payakumbuh mengelar rapat koordinasi persiapan pemberangkatan jamaah calon haji (JCH) tahun 1440 Hijriyah asal Kota Payakumbuh. Rapat dilaksanakan di Aula Randang, Lt. 2 Balaikota, Selasa (9/7).

Hadir pada rapat yang dipimpin Kabag Kesra Setdako Ul Fakhri itu, Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Setdako Yoherman, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Payakumbuh Mustafa bersama Kasi Haji Jufrimal, Perwakilan dari Polres Payakumbuh serta sejumlah pimpinan perangkat daerah terkait.

Dalam hantaran, Kabag Kesra mengatakan tujuan diadakan rapat untuk menyatukan langkah dalam proses pelepasan dan penerimaan JCH asal Kota Payakumbuh yang berjumlah 244 orang tersebut agar bisa berlangsung dengan baik.

“Kita ingin proses melepas dan menerima jamaah haji nantinya berlangsung lancar dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Ul Fakhri.

Dikatakan, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi direncanakan akan melepas langsung jamaah calon haji (JCH) pada Sabtu (13/7) esok. Acara akan diadakan di GOR. M. Yamin, kawasan Kubu Gadang.

“Sabtu besok (13/7), Bapak Walikota akan melepas secara resmi JCH kita di GOR M. Yamin. Sementara untuk pelepasan keberangkatan menuju asrama haji dijadwalkan tanggal 19 Juli mendatang, Insyaallah juga akan dilepas Bapak Walikota,” terang Ul Fakhri.

Sementara Kakan Kemenag Kota Payakumbuh pada kesempatan itu menjelaskan data-data terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 1440 Hijriyah. Diterangkan bahwa JCH asal Payakumbuh berjumlah 244 orang, terdiri dari 145 jamaah perempuan dan 95 jamaah laki-laki.

“Jamaah kita tergabung dalam kloter 15 pada gelombang kedua. Kita akan bergabung dengan jamaah asal Kota Pariaman dan juga Kota Padang untuk memenuhi kuota satu kloter yang berjumlah sebanyak 393 orang,” beber Mustafa.

Ditambahkan, “Terdapat 18 kloter Di Embarkasi Padang. Kloter 1 – 14 merupakan gelombang pertama yang mendarat di Jeddah, sementara kloter 15 – 18 masuk gelombang kedua dan mendarat di Madinah. Jamaah kita di gelombang kedua,” tambah Mustafa.

Sesuai jadwal yang dirilis oleg Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Sumatera Barat, JCH asal Payakumbuh akan diterbangkan ke tanah suci pada Tanggal 20 Juli 2019 pukul 20.25 WIB dari Bandara International Minangkabau (BIM).

“Kita diharuskan hadir diasrama haji minimal 24 jam sebelum keberangkatan, makanya pada tanggal 19 Juli, JCH kita sudah harus berada di Asrama Haji Tabing Padang,” ujar Mustafa.

Ditambahkan, nantinya jamaah haji asal Payakumbuh akan ditempatkan di Kota Makkah tepatnya di Maktab Nomor 20, Hotel Lu’Lu’Wal Marjan No. 403, Sektor 4, Wilayah Raudhah II.

“Alhamdulillah inovasi kita tahun ini, seluruh JCH asal Sumatera Barat sudah berada pada satu zona yaitu di Raudhah II, sehingga bisa saling berinteraksi satu sama lain. Kalau tahun lalu sangat jarang bertemu, jadi koordinasi, komunikasi dan konsumsi pun menjadi mudah,” beber Mustafa.

Rapat kemudian menyepakati pelepasan JCH secara resmi pada tanggal 13 Juli 2019 mulai pukul 09.00 WIB di GOR M. Yamin dan pada tanggal 19 Juli 2019, melepas JCH menuju asrama haji Padang di pelataran Parkir Galanggang Kubu Gadang mulai pukul 14.00 WIB.

Adapun rute yang akan ditempuh JCH ketika keberangkatan adalah, Start di Galanggang Kubu Gadang – Simpang Benteng – Kaniang Bukik – Simpang Napar – Simpang Bunian – Simpang Masjid Ansharullah – Ngalau Indah – Finish di Asrama Haji Padang.

Komentar

Tinggalkan Balasan