oleh

Payakumbuh Cari Camat Terbaik untuk Berlomba di Provinsi

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Pemerintahan menyelenggarakan Lomba Kompetensi Camat tingkat Kota Payakumbuh. Acara berlangsung di Aula Ngalau Indah Lt. 3 Balaikota, Selasa (9/7).

Acara dibuka secara resmi oleh Walikota Payakumbuh melalui Asisten I Setdako Yoherman. Hadir pada kesempatan tersebut sejumlah kepala perangkat daerah yang bertindak selaku penguji dan juga para pendukung dari para camat yang ikut berkompetisi.

Dalam sambutan, Walikota menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan merupakan tingkat pemerintahan yang mempunyai peranan penting dalam pelayanan terhadap masyarakat, karena Camat sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan.

“Selaku Kepala Daerah kami sangat mendukung dan mengapresiasi penilaian lomba kompetensi Camat ini, karena akan memacu Camat untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya,” Kata Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang disampaikan Asisten I Yoherman.

Dikatakan, Camat merupakan Mediator, Motivator dan Fasilitator pemerintah dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan.

“Melalui kegiatan penilaian kompetensi camat ini diharapkan dapat menciptakan inovasi-inivasi baru dalam pelaksanaan pemerintah yang terdepan, sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera,” ucap Yoherman.

Sebelumnya, penanggungjawab pelaksanaan lomba kompetensi Camat, Kabag Pemerintahan Setdako Erwan mengatakan Camat terbaik yang terpilih melalui penilaian yang dilaksanakan hari ini akan menjadi utusan Kota Payakumbuh pada Lomba Kompetensi Camat tingkat Provinsi.

Pada kesempatan itu juga dijelaskan bahwa dari 5 (lima) orang Camat yang dimiliki Kota Payakumbuh, hanya 4 (empat) orang yang memenuhi syarat untuk diseleksi. Setelah diseleksi ditahap awal, kemudian hanya 2 (dua) Camat yang berhak masuk tahap akhir penilaian berupa ekspos, yaitu Camat Payakumbuh Barat dan Camat Payakumbuh Timur.

Kabag Pemerintahan Erwan mengatakan indikator yang dinilai meliputi performance 15 poin, isi ekspose 35 poin, kemampuan mengekspose 30 poin dan kemampuan menjawab pertanyaan 20 poin.

Pedoman pemberian nilai tergantung kepada kenyataan/fakta, tanggap, berwawasan luas, adanya gagasan baru, kemampuan bekerja sama, terukur dan keterbukaan dari masing-masing peserta,” kata Erwan.

Dijelaskan, tujuan diadakan kompetensi Camat ini untuk meningkatkan pengetahuan dasar pemerintahan serta semangat pengabdian camat yang berorientasi pada pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

“Diharapkan nantinya akan lahir inovasi-inovasi baru dari Kompetisi Camat berprestasi ini,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan