oleh

Kapolda Babel Bungkam, Oknum Polisi ‘Nakal’ Terima Uang Koordinasi Tambang Ilegal Teluk Kelabat

-Babel, Daerah-4.494 views

Pangkalpinang, Suarapribumi.co.id– Kapolda Kep. Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya  belum memberikan respon soal ramainya pemberitaan media massa yang menyebutkan oknum Polisi menjadi  ‘Bekingan’ tambang ilegal diperairan Teluk Kelabat Dalam Kabupaten Bangka.

Padahal, Tim awak media berupaya untuk meminta tanggapan kepada  Kapolda Babel  Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya melalui pesan whatsapp.

Namun hingga saat ini, Kamis (02/12/2021) pagi, Kapolda Babel belum memberikan jawaban apapun mengenai oknum Polri ‘nakal’  bermain tambang timah ilegal tersebut.

Terungkapnya, ada aktor seorang oknum polisi dibalik tambang ilegal diperairan Teluk Kelabat Dalam ini setelah Pemilik Ponton Selam bernama Ahut alias Afuk  buka suara saat dinterogasi tim gabungan TNI & Polri seusai menertibkan tambang tersebut.

Dari pengakuan Ahut alias Afuk, bahwa dirinya sudah menyetor uang 1juta untuk 1 ponton setiap harinya kepada oknum polisi berinisial AR yang  bertugas sebagai BKO Pamobvit  PT Timah.

“Sudah 2 minggu kita beroperasi dengan menurunkan 4 ponton selam. Dan kami sudah bayar uang koordinasi 1 juta untuk 1 ponton selam, jadi  uang yang kita setor setiap harinya 4 juta kepada oknum Polisi itu.”ungkap Ahut alias Afuk.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun awak media, saat ini oknum Polisi berinisial AR sudah tidak dinas di PAM Obvit PT. Timah (Rolingan).

Sebelumnya diberitakan, Tambang timah Ilegal yang beraktivitas di perairan Teluk Kelabat Dalam, berhasil ditertibkan tim gabungan TNI & Polri. Rabu (01/12/2021).

Tim gabungan yang dilibatkan  dalam penertiban ini yakni Posmat TNI AL Belinyu, Satrpolairud Polres Bangka serta Satreskrim Polres Bangka.

Penertiban  itu dilakukan pasca sidak tim gabungan utusan Gubernur Babel dari Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Babel dan Satpol PP. (TIM)