oleh

Jamu Syekh dari Palestina, Wali Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Kemanusiaan

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Hari pertama puasa Ramadan 1440 H/2019 terasa istimewa bagi Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. Pasalnya, dia kedatangan tamu seorang da’i dari Palestina, Syekh Yusuf Mustafa Isa Albarunji. Riza pun menjamu tamu istimewanya itu dengan berbuka puasa bersama di rumah dinas Wali Kota Payakumbuh, Senin (6/5).

“Alhamdulillah, sebuah kehormatan bagi kami menerima tamu dari negeri yang diberkahi, Alquds, Palestina,” ujar Riza sambil memeluk takzim Syekh Yusuf yang didampingi oleh Ketua Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Payakumbuh, Ustaz Lingga Fachri dan sejumlah pengurus KNRP Sumbar.

Kepada Syekh Yusuf, Riza menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi negara Palestina yang saat ini masih terjajah oleh Zionis Israel. “Sebagai warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi kemerdekaan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, sesuai dengan konstitusi, sudah sepatutnya kita membantu Palestina,” ujarnya.

Apalagi sebagai muslim, ungkap Riza, mereka yang tertindas di Palestina adalah saudara seakidah. Nabi Muhammad SAW mengajarkan mukmin dengan mukmin yang lain seperti sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain.

“Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seperti satu tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam,” tutur Riza mengutip hadis.

Atas kesadaran tersebut, mantan Anggota DPD RI itu secara spontan langsung menyerahkan infak ataupun bantuan kemanusiaan berupa segepok uang tunai kepada Syekh Yusuf untuk membantu dan meringankan beban warga Palestina. “Tolong diterima, semoga bisa membantu masyarakat Palestina,” ujar Riza dalam Bahasa Inggris.

Syekh Yusuf mengucapkan terimakasih atas kepedulian Riza tersebut. Menurut Syekh Yusuf, perhatian masyarakat Indonesia secara umum sangat tinggi kepada Palestina. “Terima kasih. Kepedulian orang Indonesia membuat kami kagum. Semoga Allah balas dengan pahala yang berlipat ganda,” ucapnya.

Syekh Yusuf merupakan seorang dosen keturunan Palestina yang bermukim di Yordania. Dia sudah berada di Payakumbuh selama 2 hari bersama pengurus KNRP Sumbar. Malam pertama Ramadan, Syekh Yusuf berceramah di Masjid Mukhlisin Daya Bangun. Malam kedua pada salah satu masjid di Situjuah. Subuhnya direncanakan di masjid Kuranji, Kabupaten Limapuluh Kota, sebelum paginya bertolak ke Padang Panjang.

Komentar

Tinggalkan Balasan