oleh

Wabup RKN Jajal Puncak Gunung Sago untuk Pengembangan Potensi Wisata

Limapuluh Kota, Suarapribumi.co.id – Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) melakukan pendakian ke Gunung Sago untuk pengembangan potensi wisata yang ada di kawasan tersebut.

“Kemaren kami mendaki gunung Sago melalui pintu gerbang Kayu Kolek. Rombongan kami berjumlah 30 orang yang terdiri dari gabungan beberapa OPD, pokdarwis, jajaran pemerintah nagari dan komunitas (SAP),” jelas RKN di Sarilamak, Senin (28/6).

Pendakian ini bertujuan untuk untuk melihat potensi pengembangan wisata pendakian gunung Sago. RKN bersama tim menyampaikan beberapa merekomendasikan kepada pokdarwis dan pemnag.

Pertama, membuat perencanaan agar rute yang dilalui aman. Menurutnya ada beberapa titik yang ekstrim dan perlu dipastikan safetynya. “Insya Allah kita carikan solusinya pada tahun anggaran 2022,” ujarnya.

Kemudian membuat minimal 10 spot foto di sepanjang rute pendakian dan membangun rumah pohon di puncak top dan mencari solusi sumber air di lokasi camping.

Selanjutnya akan dijadikan spot acara akbar kibar bendera dalam rangka proklamasi kemerdekaan.

“Kami menyampaikan kepada mereka bahwa pemerintah sangat suport pengembangan pariwisata. Kita ingin wisata pendakian Sago diminati seperti Rinjani, Semeru dan lain-lain,” ujarnya.

Ia mengatakan kawasan sekitar akan menerima manfaat ekonominya seperti terbukanya usaha penginapan, ojek/transportasi dari Kayu Kolek ke pintu gerbang, jasa porter, jasa foto, rumah makan dan lain-lain.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait