oleh

Pesantren Ramadan Payakumbuh Bakal Ditabuh 19 Mei Mendatang

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Sejak kepemimpinan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, pesantren Ramadan sudah menjadi kegiatan rutin tahunan Pemko Payakumbuh untuk para siswa SD dan SMP. Tahun ini, Pemko melalui Dinas Pendidikan Payakumbuh kembali menggelar kegiatan yang membuat masjid-masjid di Payakumbuh semakin semarak itu, mulai 19 Mei mendatang.

“Insya Allah, pesantren Ramadan tahun ini akan kita mulai dengan kegiatan pembukaan 19 Mei mendatang. Kegiatannya dari 20 sampai 25 Mei, dan penutupannya pada 26 Mei,” ujar Koordinator Master of Training (MoT) Pesantren Ramadan Payakumbuh, Ustaz Yengki Otrio, Kamis (9/5).

Ustaz Yengki menjelaskan, pesantren Ramadan bakal melibatkan sekitar 15 ribu siswa SD dan SMP dan menggunakan 60 masjid se-Kota Payakumbuh. “Kegiatan siswa SMP terlebih dahulu selama 3 hari yakni 20-22 Mei dengan jadwal mulai 08.00 sampai shalat Ashar dan siswa SD juga 3 hari mulai 23-25 Mei dengan jangka waktu yang sama,” tuturnya.

Dikatakan Ustaz Yengki, sebagaimana format tahun sebelumnya, Pesantren Ramadan juga melibatkan para pemuda ataupun mahasiswa yang akan menjadi Master of Trainer (MoT) pada setiap masjid. “Insya Allah kami juga akan melakukan pembekalan kepada para MoT ini 11-12 Mei besok,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, program Pesantren Ramadan ini memang menjadi salah satu program utamanya dalam bidang pendidikan sejak menjabat Wali Kota Payakumbuh September 2012. Menurutnya, melalui pesantren Ramadan, generasi muda Islam kembali didekatkan kepada masjid dan semakin semangat menuntut ilmu agama.

“Program ini juga sejalan dengan misi Kota Payakumbuh yang kelima yakni mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia dan berbudaya, berdasarkan adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah,” tutur Riza.

Komentar

Tinggalkan Balasan