oleh

Kepsek MAN 1 Kota Payakumbuh Diundang Mengikuti Expo Nasional 2019

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Baru saja Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri meninjau proyek peningkatan mutu dan relevansi pendikan madrasah di MAN 1 Payakumbuh, belum lama ini, sekarang Kepala MAN 1 Payakumbuh Refinel diundang Menteri Agama RI melalui Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Kementerian Agama (KSKK Kemenag) RI, Dr. H. A. Umar, MA untuk mengikuti Workshop dan Expo Nasional, Desiminasi Teaching Factory, Sosialisasi KMA Nomor 184 tahun 2019. Kegiatan nasional ini dilangsungkan di MAN 2 Cianjur Provinsi Jawa Barat sejak tanggal 26 s/d 29 September 2019.

“Ya, ini adalah nikmat yang besar dari Allah SWT kepada kita keluarga MAN 1 Payakumbuh. Saat kita ditetapkan sebagai madrasah penyelenggara pendidikan vocasional yang didukung dengan workshop berstandar nasional, lengkap dengan peralatannya. Kini kita kembali dibekali dengan kapasitas SDM guna pengelolaan pendidikan vocasional tersebut. Sebelumnya kita juga telah menerima pembekalan yang sama dari Direktur KSKK. MAN 2 Cianjur ini sangat indah, kita juga mesti belajar dengan kepala madrasahnya,”terang Refinel kepada Humas, Jumat (27/09/2019) pagi.

Dikatakan Refinel, dirinya hadir mengikuti kegiatan berskala nasional tersebut bersama wakil kepala, yakni Devi Sulastri dan Devi Marlini. “Teaching Factory (TEFA) adalah pembelajaran yang berorientasi produksi dan bisnis. Pembelajaran melalui TEFA adalah proses penguasaan keahlian atau keterampilan yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya untuk menghasilkan produk atau jasa yang dipesan oleh konsumen. Dan inilah yang kita akan kembangkan di MAN 1 Payakumbuh.

Selama kegiatan kita akan menerima pengarahan dan pembinaan dari Direktur KSKK dan jajaran terkait inti kegiatan. Narsumbernya sangat profesional dibidangnya. Mohon doa, semoga kita dilancarkan Allah dalam membangun generasi islam yang Berimtaq dan punya skill kemandirian,”jelas Refinel.

“Rasa bangga dengan diikutkannya Kepala MAN 1 Payakumbuh dalam kegiatan nasional ini, Kasi Pendidikan Madrasah Sri Yusnita. ” Selamat dan sukses untuk Ibu Refinel, serta keluarga besar MAN 1 Payakumbuh. Kami ikut bangga dengan sukses ini. Inilah apresiasi kami terhadap prestasi MAN 1 Payakumbuh. Semoga dengan bertambahnya ilmu melalui workshop ini, akan menambah mantap langkah kaki MAN 1 Payakumbuh dalam mensukseskan vacasional,”sebut Sri Yusnita.

Terkait KMA Nomor 184 tahun 2019, Sri Yusnita menambahkan. KMA ini memang bari dan mesti disosialisasikan agar perjalanan regulasi ini optimal di madrasah. jajaran Pendidikan madrasah di Payakumbuh juga akan menggelar hal senada nantinya. Kita share pengalaman dulu dengan Bu Refinel usai pulang dari Cianjur, nantinya. Selain menambah kapasitas dan menambah ilmu, wadah ini juga sebagai ajang silaturahim kepala madrasah pengelola pendidikan keterampilan / vocasional,’ pungkas Sri Yusnita.

Sementara Kepala kankemenag Kota Payakumbuh H Jufrimal dalam tanggapan singkatnya menyampaikan terima kash.
“Tentunya, Kita atas nama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh memberikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada MAN 1 Payakumbuh. Serta terima kasih kepada Kementerian Agama atas amanah ini,”singkat Jufrimal.

Komentar

Tinggalkan Balasan