oleh

Jajaki Kerjasama dg Pemko Pekanbaru, Wako Riza ; Untuk kemakmuran petani kita.

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Untuk meningkatkan pendapatan petani produsen kota Payakumbuh, walikota Payakumbuh Riza Falepi menggagas untuk melakukan penjajakan kerjasama dg pemerintah kota Pekanbaru dalam pemasaran hasil panen petani kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi membahas hubungan kerjasama antar kedua daerah.

Dalam hal ini walikota bersama kepala dinas pertanian kota Payakumbuh Depi Sasra beserta Kabid Tanaman Pangan Holtikultura (TPH) Yulia Fitry dan staff pengelola Terminal Agribisnis Sarman melakukan kunjungan ke Pekanbaru untuk bersilaturahmi bersama wakil walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Kunjungan walikota bersama tim dinas pertanian kota Payakumbuh dalam rangka rencana walikota Riza Falepi untuk dapat mendirikan outlet pemasaran komoditi produk holtikultura serta olahan pertanian lainnya agar petani langsung dapat merasakan menjual hasil panen nya ke konsumen tanpa melalui toke lagi, ucap Kadis pertanian Depi Sasra.

Wako Riza di sambut wakil walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi yg juga di dampingi Asisten bidang ekonomi dan Kadis Perdagangan dan pasar serta kadis pertanian bersama sekretaris dari pemko Pekanbaru di kediaman rumah dinas Jln. Ronggowarsito Ujung, Pekanbaru pada Jumat (18/4) malam.

Wawako Ayat Cahyadi mengucapkan selamat datang kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama seluruh jajaran dari kota Payakumbuh,

“Selamat datang bapak walikota Payakumbuh bersama jajaran dari Dinas pertanian di kediaman saya, dan semoga kedatangan bapak kesini dapat semakin mempererat tali silaturahim serta hubungan pemerintahan kota kita ke depan hendaknya”,ucap wawako Ayat.

Wako Riza bersama rombongan langsung di jamu makan malam bersama setibanya di kediaman wawako Ayat Cahyadi sebelum melakukan perbincangan terkait hubungan kerjasama kedua pemko tersebut ke depannya.

walikota Payakumbuh dan rombongan dijamu makan malam di Rumah Dinas Wawako Ayat Cahyadi.

Walikota Riza Falepi menyampaikan maksud dan tujuan dari kerjasama ini nantinya agar dapat menekan angka fluktuasi di pasaran yg terjadi di kota Payakumbuh,

“Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama di bidang komoditi holtikultura serta olahan pertanian lainnya agar dapat menekan angka fluktuasi di pasar kota Payakumbuh yg selama ini membuat harga produk holtikultura dan olahan pertanian lainnya fluktuatif dan ini terjadi bukan sekali dua kali, tapi sering terjadi dan berdampak buruk terhadap petani produsen kota Payakumbuh “, ucap Riza.

Wako Riza juga mengatakan dg telah berjalan program ini nantinya dapat membuat harga komoditi holtikultura dan olahan pertanian lainnya layak dan baik bagi petani produsen, sehingga petani produsen mendapatkan apa yg semestinya mereka dapatkan dan juga para konsumen mendapatkan juga langsung produk yg bermutu dan terjamin bagus karna petani ini sebelum menjualnya akan melakukan quality control sehingga semua produk pertanian yg dijajakan terjamin baru dan segar, ungkap Riza.

Kadis pertanian Depi Sasra juga menambahkan akan turut meningkatkan peran serta Sub Terminal Agribisnis (STA) dan Terminal Agribisnis (TA) bersama kelembagaan kelompok tani yg ada di kota Payakumbuh agar nantinya target komoditi holtikultura yg baik dapat tercapai dan merata keseluruh wilayah kota Payakumbuh, tambahnya.

Juga dg kerjasama ini nantinya kota Payakumbuh akan melakukan pemetaan wilayah komoditi terkhusus untuk komoditi sayuran unggulan lainnya, sehingga produk yg dipasarkan nanti beragam dan dapat memenuhi permintaan pasar terhadap sayuran yg segar dan fresh saat ini, beber Depi.

Terkait kerjasama dalam pemasaran produk olahan pertanian dari kota Payakumbuh ke kota Pekanbaru, walikota Payakumbuh Riza Falepi akan memperkuat hal ini dg membuat kesepakatan yg di tindaklanjuti dalam penandatanganan MOU dari kedua belah pihak nantinya.

Foto bersama setelah kunjungan Walikota Payakumbuh berakhir di kediaman Rudin Wawako Pekanbaru.

Selain bersama tim dari Dinas pertanian kota Payakumbuh, wako Riza juga turut di dampingi oleh Kepala Bank Nagari kota Payakumbuh yg mana nantinya bank Nagari akan melakukan investasi untuk permodalan terhadap Sub Terminal Agribisnis dan Terminal Agribisnis dalam peningkatan komoditi pangan holtikultura di kota Payakumbuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait