oleh

Bersama ADK, Puluhan Anggota Karang Taruna Balai Tongah Koto Dilatih Kepemimpinan

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Ada saja yang berbeda dari Anak Nagari Koto Nan Gadang, puluhan orang anggota Karang Taruna Kelurahan Balai Tongah Koto Kecamatan Payakumbuh Utara diberi Pelatihan Dasar Kepemimpinan di Sago Park Kecamatan Situjuah Limo Nagari selama 2 hari, 3 dan 4 Agustus 2019.

Pembekalan itu juga dibuka oleh Camat Payakumbuh Utara Nurdal dan dihadiri oleh Kasi Trantib Kecamatan Payakumbuh Utara Ujang Mustafa, Lurah Balai Tongah Koto Nurfen Yunita, Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Ade Vianora,SE dan Sekretaris Novanto Yudistira, Wakil Ketua Yonaldi, S.Sos, Wakil Sekretaris Jendri Zulfas, Kabid TAN, Fahman Rizal dan anggota Linda.

Camat Nurdal berpesan kepada seluruh peserta LDK agar memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, karena ilmu pemimpinan itu tidak dapat begitu saja harus digali dari usia remaja, penanaman karakter butuh proses.

“Banyak pemimpin kita dulunya adalah aktifis pemuda atau karang taruna. Saya dulu juga pengurus karang taruna di Padang Kaduduak,” kata camat.

Lurah Balai Tongah Koto Nurfen Yunita menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan melalui Alokasi Dana Kelurahan (ADK).

“Karang Taruna sekarang harus bisa berinovasi, bonus demografi harus menjadi nilai tambah bagi Karang Taruna untuk bergerak bersama mitra lainnya dalam membantu Lurah untuk menyelesaikan persoalan Sosial di tengah masyarakat, apakah itu masalah Narkoba, kemiskinan, anak terlantar dan lain sebagainya. Karang Taruna adalah wadah untuk mencetak kader pemimpin yang mumpuni untuk masa yang akan datang,” kata Lurah Nurfen.

Ketua Karang Taruna Kota Ade Vianora mengapresiasi kepada ibu Lurah dan Karang Taruna Balai Tongah Koto, karena bisa membuat kegiatan dengan bentuk Latihan Dasar Kepemimpinan.

“Menarik sekali, pemberdayaan anggota karang taruna seperti ini merupakan yang pertama dilaksanakan oleh kelurahan dimana biasanya hanya sebatas sosialisasi,” kata Ade.

Sementara itu, Ketua KT Balai Tongah Koto Yonaldi menyebut kegiatan LDK ini insyaallah akan mempersatukan kader karang taruna Kelurahan Balai Tongah Koto yang dulunya terbagi kedalam kelurahan lama.

“Kami komit untuk tetap menjadi karang taruna yang bisa berprestasi di tingkat Nasional,” kata pria yang akrab disapa oyong ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan