oleh

Karang Taruna Tiakar Laksanakan Pemilihan Pengurus Baru

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Pemilihan Pengurus Karang Taruna Kelurahan Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur untuk 3 tahun masa kepengurusan 2019-2023 digelar di Balai Adat Nagari Tiakar, Jum’at (19/7) malam. Pemilihan dilaksanakan dengan azas musyawarah mufakat sesuai dengan Pancasila, menanamkan jiwa demokrasi.

Camat Payakumbuh Timur melalui Lurah Tiakar Aulia Fajrin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengurus lama yang sudah memberikan sumbangsihnya dalam perjalanan karang taruna di Kelurahan Tiakar selama ini.

“Dari pihak kelurahan menyampaikan apresiasi dengan partisipasi karang taruna yang telah membantu pekerjaan lurah, karena pemerintahan tidak bisa berdiri sendiri, butuh dibantu lembaga lainnya juga,” kata Fajrin.

Lurah juga menargetkan kedepannya, agar pengurus terpilih dapat bersinergi untuk kemajuan Kelurahan Tiakar, dimana pengurus terpilih adalah orang yang jeli melihat keadaan di kelurahan, banyak yang harus diperbaiki, banyaknya masukan bersama KAN dan LPM, dan ada hal yang fundamental yang perlu dibenahi di Tiakar.

“Beragam persoalan masyarakat harus kita selesaikan bersama, bersama karamg teruna” ujar Lurah muda energik ini.

Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Ade Vianora menyebut pedoman dari karang taruna ada Perda Nomor 24 Tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan di Kota Payakumbuh dan ada juga Permensos Nomor 23 Tahun 2013 yang mengatur proses pemilihan pengurus dinamakan musyawarah warga karang taruna.

Ade juga menjelaskan dimana pengurus inti berjumlah ganjil, dan satu hal yang baru dan penting untuk karang taruna di Payakumbuh adalah Seksi Taruna Anti Narkoba.

“Kita kemarin menerima Penghargaan dari BNN Provinsi karena memiliki Taruna Anti Narkoba,” terang Ade.

Disebutkan Ade, sebagai lembaga sosial, perlu ditekankan agar karang taruna di kelurahan benar-benar dapat membantu Lurah sesuai dengan tujuan terbentuknya karang taruna sebagai pilar kesejahteraan sosial, dimana mengentaskan kesenjangan sosial menjadi misi utama dari Karang Taruna. Ada banyak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di kelurahan, dan setiap masalah di tiap kelurahan pasti beragam.

“Jadikan pemilihan ini sebagai momentum kebangkitan Pemuda Tiakar, perkuat organisasi melalui pemuda-pemuda yang aktif bergerak disetiap sekat-sekat kehidupan masyarakat, Karang Taruna Jaya, Payakumbuh Maju,” ujar Ade menutup arahannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan