oleh

244 JCH Payakumbuh Dilepas Riza Falepi, Ketua MUI : Sebaik-baik Bekal Adalah Takwa

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melepas ratusan Jemaah Calon Haji (JCH) di GOR M Yamin, Kota Payakumbuh, Sabtu (13/7). Sebanyak 244 orang JCH dari Payakumbuh, direncanakan berangkat Jumat mendatang (19/7) menuju Asrama Haji, Kota Padang.

“Alhamdulillah, berangkat ke tanah suci adalah nikmat yang begitu luar biasa. Bersyukurlah bapak ibu yang bisa naik haji tahun ini,” ujar Riza Falepi bersama Sekda Rida Ananda dan Kabag Kesra Ul Fakhri. Turut hadir Ketua MUI Buya Mismardi, Ketua DPRD YB Datuak Parmato Alam, dan perwakilan unsur Forkopimda lainnya.

Riza mengatakan, Pemko akan terus mendukung dan memfasilitasi kebutuhan JCH agar nyaman dalam perjalanan dan lancar menunaikan ibadah. “Sudah kewajiban kami untuk memfasilitasi keberangkatan jemaah haji hingga masuk ke asrama haji. Mudah-mudahan bisa berangkat dengan suasana yang nyaman dan hati yang lapang,” tuturnya.

Riza yang juga sudah berhaji pada 2015 itu, berpesan agar jemaah menjaga kebersamaan dan bersikap saling membantu. “Perbanyak istighfar dan zikir. Jaga nama baik Kota Payakumbuh. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua MUI Payakumbuh Buya Mismardi memberikan nasihat agar jemaah meluruskan niat dan fokus untuk menunaikan ibadah. “Hilangkan segala perasaan yang dapat menganggu ibadah. Mari senantiasa bertaqarrub kepada Allah, tetap tawadhu, dan berangkatlah dengan jiwa yang lapang,” ujarnya.

Di sisi lain, Buya Mismardi mengingatkan bahwa badan yang kuat ataupun isi koper tidak menjadi jaminan untuk mendapatkan haji yang mabrur. Buya pun mengutip Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 197. “Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Takwa yang bisa menghantarkan kita menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

Dari laporan yang disampaikan Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh Mustafa, sebanyak 244 JCH terdiri dari 95 laki-laki dan 149 perempuan. Warga Padang Tiakar Hilir, Yunimar Lutan tercatat sebagai jemaah tertua dengan umur 87 tahun sedangkan warga Sawah Padang, Avrian Peby sebagai jemaah termuda dengan umur 31 tahun.

“JCH Payakumbuh tergabung dalam kloter 15 gelombang kedua Embarkasi Padang bergabung dengan jemaah dari Kota Pariaman dan Kota Padang. Insya Allah masuk asrama 19 Juli pukul 16.00 WIB dan take off ke Jeddah, 20 Juli pukul 20.25 WIB,” tuturnya.

Mustafa sendiri bakal bertindak sebagai petugas kloter TPHI bersama Ustaz Safrijon Azwar didampingi dokter Silvia Handayani, paramedis Khairi Sudarman, dan Riri Julianti. Sementara TPHD ditugaskan kepada Chandra.

Komentar

Tinggalkan Balasan