oleh

Motivasi Hidup Sukses Dunia dan Akhirat Menurut Syariat Islam

suarapribumi.co.id.—Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan dunia dan akhirat. Tapi bagaimana sih bisa sukses dunia dan akhirat itu? Pasti setiap kita selalu bertanya tanya tentang hal tersebut. Yuk kita simak pemaparan dibawah ini bagaimana cara menggapai kesuksesan dunia dan akhirat menurut islam. Yang pertama yang harus kita lakukan adalah pasang niat yang benar untuk meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Sesuai dengan sabda rasullullah yaitu “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan, barang siapa niat hijrahnya karena allah dan rasulnya, maka hijrahnya adalah kepada allah dan rasulnya. Barang saiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingi dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia niatkan.” (HR. Bukhari)

Maksud dari hadis tersebut adalah semua apa yang kita kerjakan itu tergantung dengan niatnya. Begitu juga dengan meraih kesuksesan apabila kita niatkan untuk allah SWT insyaallah kesuksesan akan menghampiri kita bukan saja kesuksesan didunia tetapi kesuksesan diakhirat sekaligus kita dapatkan. Dan apabila kesuksesan itu kita niatkan karena dunia yang ingin digapai maka kita akan mendapatkan kesuksesan didunia saja sedangkan diakhirat akan menjauh dari kita. Oleh karena itu, perbaikilah niat kita apakah untuk allah atau untuk dunia semata? Itu semua dikembalikan lagi kepada sahabat sekalian.

Yang kedua kunci dari kesuksesan adalah tergantung usaha dan doa. Ada yang beranggapan bahwa ketika kita ingin sukses dunia dan akhirat maka kita harus berusaha. Dan ada juga pendapat lain mengatakan untuk bisa sukses dunia akhirat itu kita harus berusaha dan berdoa. Kedua anggapan tersebut memang sama sama benar. Tapi, disisi lain kita harus berfikir apakah dengan berusaha saja kita akn mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat? Pastinya belum tentu kita akn mendapatkannya kalau tidak disertai dengan doa.
Karena dengan adanya usaha dan doa insyaallah kita akan mendapatkan kesuksesan tersebut. Tetapi, ketika kita berusaha saja tanpa berdoa sama saja kita dengan insan (manusia) yang sombong. Dan allah tidak suka hambanya yang sombong dan tidak mensyukuri segala nikmatnya. Segala sesuatu yang kita kerjakan kembalilah kepada allah, karena allah yang tau bagaimana jalan terbaik untuk hambanya.

Kemudian ketika kita mendapatkan musibah,janganlah kita mengingat allah pada saat tertimpa musibah saja. Ingatlah allah dimanapun dan kapanpun itu. Insyaallah ketika kita selalu mengingat allah, allah akan melindungi kita, menjaga kita, serta memberkahi segala apa yang kita kerjakan. Jangan sampai kita jadi hamba yang tidak adil. Maksud dari tidak adil disini adalah kita ambil salah satu contoh yaitu ada seeorang hamba mengikuti lomba MTQ dan ternyata setelah lomba berakhir pengumuman juara disampaikan oleh dewan juri. Seorang hamba tersebut meraih juara satu pada lomba MTQ tingkat nasional. Dan apakah seorang hamba ini pernah berfikir kenapa dia bisa meraih juara satu dalam lomba tersebut? Iya pasti tidak ada terlintas dipikirannya seperti itu.
Setelah itu, ketika seorang hamba ini terkena musibah dan cobaan dari allah. Dia pasti selalu berfikir kenapa semua ini terjadi padaku? Padahal aku adalah orang yang baik ya allah. Nah, disinilah letak perbedaannya seorang hamba. Ketika dia dikasih nikmat oleh allah dia lupa untuk bersyukur. Dan ketika dia diberikan musibah oleh allah dia selalu mengeluh dan selalu berserah diri kepada allah. Jadi, kemana saja kita pada saat allah melimpahkan rahmat,nikmat serta rezekinya kepada kita? Sahabat sekalian harus memahami hal ini.
Contoh yang dipaparkan diatas adalah bagaimana kita harus mempercayai penuh yang namanya takdir inilah kunci kesuksesan yang ketiga. Selain berusaha dan berdoa kita juga harus mempercayai takdir. Dengan mempercayai takdir maka, hidup kita akan terasa nikmat. Walaupun itu takdir baik maupun takdir buruk. Memang benar takdir baik ini tidak ada dipermasalahkan bagi seorang hamba. Tetapi, dengan adanya takdir buruk seorang hamba pasti akan mempermasalahkannya. Karena, kenapa bisa terjadi dengan dia? Dan perlu kita ingat bahwa allah itu tidak akan sia sia. Kita tidak tau ketika kita mengalami takdir buruk, tetapi akan ada takdir baik menghampiri kita setelah itu.

Menurut sahabat semua untuk bisa sukses dunia dan akhirat apakah cukup dengan niat yang benar, usaha,doa dan mempercayai takdir? Menurut saya tidak, karena masih banyak lagi jalan yang lain untuk menuju sukses dunia dan akhirat. Sesuai dengan pepatah yang mengatakan bahwa, Banyak Jalan Menuju Roma. Sahabat sekalian pasti tau apa maksud dari pepatah tersebut. Maksudnya, ketika kita ingin mencapai suatu tujuan tidak cukup dengan satu jalan yang kita tempuh. Pasti masih banyak jalan yang lain yang akan kita lewati dan jalani. Walaupun itu sulit bagi kita, tetapi dengan izin allah semua itu tidak akan sulit pasti ada kemudahan setelah kesulitan. Percayalah.

Menurut sabda rasullullah SAW ada dua kunci untuk menggapai kesuksesan dunia dan akhirat yaitu bermuamalah kepada allah SWT (sang khaliq) dan bermuamalah serta berakhlak mulia kepada sesama manusia. Baiklah sekarang kita akan membahas satu persatu, bermuamalah kepada allah SWT maksudnya adalah kita harus mengikuti dan menaati peraturan peraturan yang telah allah buat untuk kehidupan umat dan masyarakat misalnya selalu bertakwa kepada allah, mematuhi perintah allah dan menjauhi segala larangannya. Dengan bertakwa kepada allah SWT insyaallah kita akan mendapatkan banyak syafaat dalam diri kita.

Selanjutnya, bermuamalah dan berakhlak mulia kepada sesama manusia yaitu dengan cara bertutur kata yang baik kepada sesama manusia, meningkatkan ukhuwah dengan sesama manusia, serta memberikan kebaikan kepada sesama manusia seperti menolong ketika dia dalam kesusahan dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Bertakwa kepada allah bukan hanya beribadah saja tetapi dengan kita berbuat kebaikan kepada manusia akan meningkatkan takwa kita kepada allah. Karena setiap kebaikan yang kita berikan kepada sesama manusia walaupun sebesar biji zahrah akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari allah SWT.
Menurut sahabat masih adakah kunci kesuksesan yang akan kita gapai menurut islam? Iya benar masih ada. Ini adalah kunci kesuksesan yang terakhir yang akan saya jelaskan kepada sahabat. Dan apakah kunci terakhir tersebut? Pasti sahabat sekalian penasaran apa yang akan saya jelaskan. Yuk kita simak penjelasan saya dibawah ini.
Kunci kesuksesan yang terakhir adalah dapat mengubah diri kita menjadi lebih baik. maksudnya adalah, kita harus bisa mengubah diri kita untuk menjadi yang terbaik dimata allah dan manusia. Bagaimana caranya? Dengan tetap istiqomah kepada allah SWT dan menjalani semua ajaran islam sesuai dengan hukum syara’. Insyaallah hidup kita akan berubah menjadi lebih baik lagi. Dan untuk mengubah diri kita dimata manusia yaitu dengan cara berbuat baik kepada sesama manusia. Jangan pernah menjadi manusia yang sombong dimata allah dan dimata manusia lainnya. Karena kita didunia ini dituntut untuk selalu taat kepada allah dan menjalankan segala perintahnya dengan sebaik baiknya.
Sesuai dengan firman allah dalam surat ar-rad ayat 11 yaitu “Bagi manusia ada malaikat malaikat yang selalu mengikjutinya bergiliran, dimuka dan dibelakangnya,merekja menjaganya atas perintah allah. Sesungguhnya allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum,maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali kali tak ada pelindung bagi mereka selain dia.”
Maksud dari firman allah diatas adalah allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaumnya atau hamba kalau tidak dia yang mengubahnya sendiri. Oleh karena itu, ubahkan dirimu sendiri maka allah akan mengubahnya. Tetapi dengan bersungguh sungguh dan selalu istiqomah kepada allah SWT.
Nah, dari penjelasan terakhir tersebut apakah sahabat sekalian bisa mengamalkan kedalam kehidupan sehari hari? Tentu bisa. Karena dengan adanya kemauan dan niat yang tulus terhadap allah insyaallah kesuksesan akan menghampiri kita baik kesuksesan didunia maupun kesuksesan diakhirat. Sejatinya, manusia yang sebaik baiknya bagi allah adalah manusia yang selalu taat dan bertakwa kepada allah SWT.
Baiklah ada sedikit motivasi hidup dari saya untuk bisa sukses dunia dan akhirat. “kesuksesan itu bukan hanya dicari, tetapi tergantung dengan usaha dan doa”

. “Ketika kita ingin mendapatkan kesuksesan didunia dan diakhirat maka tujukanlah kesuksesanmu hanya kepada allah”.Jangan pernah berputus asa dan mengeluh sebelum kesuksesan berada ditanganmu.” ($)

Penulis: Mutia Angraini KPI 3B IAIN Bukittinggi

Komentar

Tinggalkan Balasan