KONI Payakumbuh utus 10 atlet ke PON Papua

Daerah336 views

Payakumbuh, Suarapribumi.co.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh memastikan bakal mengutus 10 atlet binaannya ke PON 2020 di Papua.

“Sebanyak 10 atlit kita sudah dipastikan lulus prakualifikasi PON,” kata Ketua KONI Kota Payakumbuh, Yusra Maiza di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan 10 atlit yang dipastikan lolos ke PON berasal dari empat cabang olahraga yakni cabang Kempo tercatat ada satu atlit, Karate dua atlit, Paralayang tiga atlit dan futsal sebanyak empat orang atlit.

“Kemungkinan bertambah, karena Pra-PON masih berlangsung. Mari kita dukung bersama, para atlit Kota Batiah bisa berjuang di pentas nasional,” kata Yusra Maiza, dalam sabutannya saat membuka kegiatan Rapat Anggota KONI Payakumbuh.

Rapat Anggota KONI yang diikuti puluhan peserta itu digelar di Aula BIB Sumbar, Kelurahan Ibuah, Kota Payakumbuh. Selain pengurus KONI Kota Payakumbuh, rapat anggota juga diikuti perwakilan cabang olahraga Kota Batiah.

Yusra mengatakan rapat KONI digelar untuk melakukan koordinasi dan sinergi antar semua pemangku kepentingan guna memajukan olah raga di Kota Payakumbuh.

“Alhamdulillah, tahun ini Rapat Anggota ini bisa terlaksana, meski tahun sebelumnya belum bisa terlaksana. Sesuai tema, kita mantapkan persiapan duta olahraga Payakumbuh menuju prestasi dunia,” ungkapnya.

Yusra menyampaikan pembinaan para atlet akan terus ditingkatkan seiring dengan harapan dukungan dari berbagai pihak terutama Pemko Payakumbuh. Pada 2019 ini KONI Payakumbuh, disebut, mendapat dana hibah sebesar Rp 1,1 miliar untuk pembinaan atlit di masing-masing cabang olahraga.

Pihaknya berharap, ke depan bisa terus ditingkatkan demi menunjang prestasi para atlit binaan. Sebab, para atlit Kota Payakumbuh cukup banyak yang memiliki potensi. “Karena juara itu tidak terlahir namun harus diciptakan,” harap Yusra.

Asisten I Setdako, Yoherman mewakili Walikota Payakumbuh mengucapkan selamat menggelar rapat kepada anggota KONI Payakumbuh dan seluruh perwakilan cabang olahraga. “Semoga kita semakin kompak dan terus bersinergi memajukan olahraga,” sebut Yoherman.

Terkait informasi yang beredar di media sosial, Kota Payakumbuh akan menjadi salah satu daerah tuan rumah Porprov 2020 pada 4 cabor yakni sepak takraw, renang, gulat, dan basket, ia menyebut pada dasarnya Payakumbuh siap, karena dari empat cabang itu Kota Payakumbuh sudah memiliki venue dan fasilitas yang layak.

“Hanya saja, sampai hari ini kami belum menerima surat resmi dari Provinsi. Karena ini tentu menyangkut anggaran, perlu kita bicarakan dengan seluruh stake holder termasuk DPRD jika memang ditunjuk, terkait penyelengaraan kegiatan,” ungkap Yoherman.

(Syafri)

Tinggalkan Balasan