DPW CIC Resmi Dilantik, Ketua Sumbar, Moriza: Siap Berantas Korupsi

Nasional225 views

Jakarta, Suarapribumi.co.id Dalam Rakernas tanggal 28-30 Oktober 2022 kemaren resmi terbentuk DPW Corruption Investigation Commitee (CIC) seluruh Indonesia. Sebanyak 37 DPW CIC se Indonesia pada tanggal tersebut resmi dilantik termasuk Sumatra barat.

Kepengurusan DPW Sumbar periode 2022-2027 diketuai oleh Moriza Eka Putra, Sekretaris CIC, Syahrozi SH, Bendahara, Khairunas ST dan Syafri Ario, S. Hum, Ketua Bidang Investigasi.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Wapres, Kapolri, Ketua Mahkamah Agung, Ketua KPK dan Kejagung sebagai mitra CIC dan guru bagi para anggota CIC.

Dalam rakernas itu, Ketum DPP CIC, R. Bambang berpesan supaya pengurus DPW dapat mengemban tugas yang telah diberikan kepada setiap DPW dan DPD di semua daerah.

Sementara itu, Ketua DPW CIC Sumbar, Moriza Eka Putra mengatakan ia siap untuk mengemban amanah sebagai ketua DPW CIC Sumatra.

“Kita siap mengawal dan menginvestigasi masalah korupsi di wilayah kita ini. Kita tau perjalanan bangsa Indonesia tidak terlepas dari bencana yang namanya korupsi,” ujarnya, Sabtu (26/11/2022).

Menurutnya persoalan korupsi telah membuat bangsa ini terpuruk hingga kemudian lahir KPK untuk membangkitkan semangat pemberantasan korupsi. Komisi tersebut tumbuh dan menjelma menjadi lembaga yang diharapkan.

Namun begitu KPK lahir banyak yang menghalanginya dan ingin menghilangkan peranannya sehingga gerakannya sering di politisasi.

Selain itu kata Mori persolan muncul dengan luasnya wilayah yang menyebabkan keterbatasan KPK untuk melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Disinilah kemudian diperlukan lembaga di daerah yang diperlukan masyarakat yang berbasis di lingkungan masyarakat untuk menjadi oposisi dari pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi, salah satunya adalah Corruption Investigation Committee (CIC) yang ada di Sumatra Barat.

Mori mengungkapkan sebagai sebuah gerakan sosial, investigasi dengan menggunakan model kualitatif, deskriptif dengan sumber data wawancara dan dokumentasi, CIC menggunakan strategi dalam pemberantasan korupsi yakni pencegahan, penegakan hukum dan pendidikan anti korupsi.

“Kita berharap ke depannya CIC bisa membantu dan menjadi pendamping untuk menekan tindakan korupsi di Indonesia khusus di Sumatera Barat,” pungkasnya. (Syf)

Editor: Syafri Ario, S. Hum

Tinggalkan Balasan