oleh

Seminar Koperasi Di Payakumbuh, Koperasi Konvensional Perlu Di Mu’alafkan Ke Koperasi Syari’ah

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — “Kita perlu mu’alafkan Koperasi Simpan Pinjam Pola Konvensional (KSPPK) menjadi Koperasi Simpan Pinjam Pola Syari’ah (KSPPS) agar terhindar dari bahaya riba” demikian kata pembuka yang disampaikan oleh Welhendra, SE, MM, Ak dosen Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang sebagai narasumber dalam seminar yang bertema “Transformasi Koperasi Menuju Koperasi Pola Syari’ah” di aula Ngalau Indah lantai III Balai Kota Eks Lapangan Poliko Payakumbuh, Senin, (19/8).

Seminar koperasi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM itu bekerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Payakumbuh yang diketua oleh H. Maharniszul, S.Pd dan panitia peringatan Hari Koperasi ke 72 Kota Payakumbuh.

Narasumber lain yang hadir adalah H. Hadi Suryadi, SH, Ketua PKPRI Provinsi Sumbar mengatakan sebenarnya dilihat dari sudut permodalan, pola pembiayaan dan produk layanan koperasi sudah syar’i, tapi sayang belum semua koperasi memakai akad Syari’ah maka diperlukan transformasi pengelolaan koperasi.

Hadi Suryadi yang juga pengawas PKPRI Pusat di Jakarta ini mendukung apabila transformasi koperasi konvensional kepada koperasi syari’ah.

Walikota Payakumbuh diwakili oleh Herlina, SH, M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM mengatakan akan memfasilitasi lebih lanjut proses transformasi KSPPK menjadi KSPPS dengan membuka layanan Klinik Koperasi Syariah bekerjasama dengan DEKOPINDA dan PKPRI Provinsi Sumbar di Payakumbuh.

Bertindak sebagai moderator panitia seminar H.Dasril, S.Pd, M.Pd yang juga Sekretaris KPRI Guru-Guru Payakumbuh Utara.

“Diantara kesimpulan seminar Transformasi Menuju Pola Syari’ah ini adalah Pengelolaan Koperasi berbasis Syari’ah adalah kebutuhan hampir semua koperasi di Payakumbuh dan pengurus koperasi siap untuk menuju pengelolaan syari’ah di bimbing oleh Dinas Koperasi dan UMKM dan Dekopinda,” tukuk Dasril mengakhiri seminar yang dihadiri oleh hampir semua pengurus Koperasi di Kota Payakumbuh itu.

Agenda lain kegiatan dalam rangka HUT Koperasi ke 72 dan HUT RI ke-74 yang diselenggarakan di Kota Payakumbuh adalah Jalan Sehat bersama keluarga besar Koperasi yang akan diselenggarakan tanggal 25 Agustus 2019 mendatang dari Pasar Padang Kaduduak mengikuti rute yang disediakan panitia dengan doorprize yang menarik.

Komentar

Tinggalkan Balasan