oleh

Buka Bersama Di Mesjid Muhsinin Tiaka, Wawako Ajak Warga Makmurkan Mesjid

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Memasuki sepertiga terakhir puasa ramadhan 1440 Hijriah, kembali berlanjut kegiatan blusukan yang digagas oleh Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, kali ini orang nomor dua di Kota Payakumbuh berbuka puasa bersama masyarakat di Masjid Muhsinin, Kelurahan Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Sabtu (25/5).

Wakil Walikota hadir didampingi Asisten II Elzadaswarman, Kabag Kesra Ul Fachri, Camat Arifianto, disambut oleh Lurah beserta pengurus masjid, ibu-ibu PKK, LPM, Karang Taruna, serta RT se Kecamatan Payakumbuh Timur.

Seperti biasa, tepat pukul 18.00 sembari menunggu waktu berbuka, wawako yang juga datang bersama istrinya Ny. Maghdalena ikut serta bersama jamaah masjid mendengarkan ceramah agama dari Ustadz Rusdi Adnan.

Wawako Erwin dalam sambutannya mengajak masyarakat Payakumbuh untuk memakmurkan masjid, wawako menyebut dengan makmurnya masjid mampu menjadikan kita sebagai manusia yang seutuhnya diridhoi oleh allah.

“Salahsatu tujuan dari kegiatan pemerintah buka bersama di beberapa mesjid adalah mengajak masyarakat untuk memakmurkan mesjid. Tahun depan dan seterusnya akan kita tingkatkan kuantitas kegiatan ini agar tujuan jni dapat kita realisasikan bersama-sama,” ujar wawako tegas.

Wawako juga menambahkan, “walaupun di satu sisi kami adalah pemerintah namun sejatinya kedudukan kita tetap sama dalam masyarakat, maka kita ingin dekat dengan masyarakat. Karena siapapun boleh datang bersama-sama untuk memakmurkan mesjid,” ujarnya.

Erwin Yunaz juga bercerita di zaman rasulullah, mesjid selain difungsikan untuk tempat ibadah, Nabi Muhammad SAW juga memanfaatkan rumah ibadah sebagai tempat mengelola roda pemerintahan, membangun ekonomi, bahkan membentuk strategi peperangan.

“Kita ingin meniru itu, mesjid juga tempat terbaik sebagai sarana pendidikan bagi anak untuk memperdalam agama. Selain itu kita akan gaungkan jadikan mesjid tempat berbicara dan bertemu muka untuk menyelesaikan pelbagai masalah kemasyarakatan, tempat membangun kesejahteraan masyarakat dan ummat,” tambahnya disambut angguk jamaah yang mendengarkan.

“Jangan menutup mata, mari kembali ke mesjid, ramaikan masjid jangan hanya dihari-hari besar saja, ciptakan kondisi dimana setiap hari masjid itu ramai menjadi tempat masyarakat bersilaturahmi dengan tuhan dan bersilaturahmi dengan manusia lainnya. Mari kita galakkan gerakan memakmurkan masjid, tidak hanya meningkatkan pembangunannya, namun juga meningkatkan mental manusianya,” pungkas wawako menutup sambutannya tepat diiringi bunyi sirine pertanda berbuka puasa.

Komentar

Tinggalkan Balasan