oleh

Setelah Diresmikan Gedung Promosi Ramai Dikunjungi

 Tanah Datar, Sumatera Barat – Pasca diresmikannya gedung promisi Kabupaten Tanah Datar oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Mufidah Jusuf Kalla, Dinas Koperindag bertekat keberadaan gedung tersebut dapat menggenjot pemasaran hasil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjumlah sekitar 400 unit di Tanah Datar.


“Agenda sehari tadi yang dihadiri Ibu Mufidah adalah pemantapan dUMKM dari hulu ke hilir, di Lintau dilaksanakan pelatihan tenun, sulaman, bordir. Begitubjuga UMKM kita didorong perkembangannya dalam memproduksi berbagai makanan olahan, kemudian kita pasarkan dan promosikan di gedung promosi yang diresmikan Ibu Mufidah,” ujar Kadis Koperindag Tanah Datar, Marwan kepada sejumlah wartawan di pasar Batusangkar, usai melepas keberangkatan rombobgan RI 4, Senin (8/4).

Dikatakan, di Tanah Datar saat ini UMKM yang telah mengantongi izin berjumlah sekitar 200 unit dan sebanyak itu pula yang belum memiliki izin, untuk hak paten motif batik dan bordiran terdapat 14 paten diantaranya 12 motif pakaian Pariangan dan 2 Pemda Tanah Datar.


Dalam mendorong percepatan perkembangan UMKM, di Tanah Datar digelar berbagai pelatihan, Balai Diklat Industri (BDI) melakukan pelatihan pada 70;orang per angkatan, dalam setahun dilatih 280 orang, melalui anggaran APBD Tanah Datar uga dilatih 60 tiap angkatan yang juga digelar empat kali setahun dan terdapat 240 orang tiap tahunnya, begitu juga yang dilakukan Yayasan Kria Minangkabau juga melakukan pelatihan kepada 60 odang tiap angkatan.


Kemudian di rumah tenun yang dibangun dengan dana pusat sebesar Rp.20 miliar itu, saat ini ada 21 orang yang sedang dididik untuk calon-calon instruktur, ujar Marwan. “Di gedung promosi kini sudah bergabung 200 pelaku UMKM, mereka bersama koperasi yang telah dibentuk akan mengelola keberadaan gedung promosi ini, mereka pula bersama berkomitmen untuk kedepannya, berapa harga dan berapa biaya lainnya terserah mereka, kami menemlatkan dua orang pegawai Koperindag dan sekitar 10 orang tenaga dari koperasi tersebut yang mengelola temlat promosi itu,” ujarnya(joli)

Komentar

Tinggalkan Balasan