oleh

Pemkab Limapuluh Kota Kembangan Pusat Riset KKP dan Kawasan Perikanan

Limapuluh Kota, Suarapribumi.co.id – Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) segera menindaklanjuti pembicaraan dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan bupati sebelumnya.

Pemkab Limapuluh Kota dengan KKP sepakat untuk mengembangkan Pusat Research (Riset) Perikanan atau perkantoran KKP yang diperkirakan berlokasi di dekat pusat ibu kota Kabupaten Limapuluh Kota yakni di Nagari Sarilamak atau Nagari Gurun.

“Perintah bupati kepada kita “berlarilah sekencang-kencangnya untuk kemajuan Limapuluh Kota dengan selalu berkoordinasi”. Perintah itu wajib kami laksanakan,” kata Wabup Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) di Sungai Dadok, Sabtu (27/2).

Selanjutnya penetapan kawasan perikanan atau kampung Gurami Sago dan Ikan Dewa di Sungai Dadok, Kecamatan Gunuang Omeh.

“Jadi program kedepan tentang perikanan di bidang pemberdayaan diantaranya perencanaan itu, tahap awal warga Sungai Dadok menghibahkan lahannya untuk kawasan perikanan,” ujar RKN.

RKN mengatakan hal tersebut bertujuan untuk mempermudah segala urusan di bidang perikanan.

Kedua, pemkab akan membangun Hatchery Ikan Dewa dibawah naungan riset perikanan pusat di sungai Dadok, Kampung Sarugo dan sekaligus untuk penetapan kawasan Kampung Ikan Dewa atau Ikan Gariang.

Ketiga pemkab dan KKP akan membangun Hatchery Ikan Gurami Sago beserta teknologinya di Suliki tepatnya di Raja’ Place.

“Pusat pembibitan Gurami Sago 10 juta bibit/bulan, 5 juta diantaranya akan diberikan kepada pemda untuk program pemberdayaan,” ujar RKN.

Lanjut RKN semua dari program tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Lima Puluh Kota. Lima Puluh Kota mempunyai potensi yang besar untuk perikanan, terutama potensi ikan lokal.

Sementara itu Direktu PT. Ridho Alam Sejahtera (Raja’ Place), Armendho mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah untuk penetapan kawasan kampung Ikan Gurami Sago sebagai ikan asli Limapuluh Kota.

“Kami siap membantu dan bersinergi dengan KKP dan mendampingi pemkab untuk pengembangan potensi perikanan,” ujarnya.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum

Komentar

Tinggalkan Balasan