oleh

Pakan Sinayan Masuk Dalam Kriteria Desa Wisata Cinta Statistik

Payakumbuh, Suarapribumi.co.id – Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat masuk kedalam kriteria desa wisata cinta statistik (Dewi Cantik) bersama 10 Kelurahan lainnya di Indonesia.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Payakumbuh Dessi Febriyanti mengatakan, Pakan Sinayan terpilih karena memenuhi kriteria. Salah satunya memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan.

“Makanya kita akan berikan pembinaan statistik sektoral desa cinta statistik (Desa Cantik) di Pakan Sinayan ini,” kata Kepala BPS Payakumbuh Dessi Febriyanti saat memberikan pembinaan di Kantor Lurah Pakan Sinayan, Jumat (29/07) sore.

Lebih lanjut dijelaskan Dessi, secara khusus program desa cantik tahun 2022 ini ditujukan untuk, meningkatkan kapasitas kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki kelurahan dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan.

“Kita akan berikan wawasan tentang pembangunan desa, pemetaan pemanfaatan data untuk kebutuhan pembangunan desa serta memanfaatkan dana desa. Sehingga akan diperoleh kebutuhan data yang bersesuaian untuk sasaran pembangunan kelurahan, pengentasan kemiskinan, peningkatan produktivitas dan sebagainya,” terangnya.

“Dan untuk pembinan desa cantik akan kita laksanakan dalam rentang waktu juli s.d september tahun 2022 yang dirancang dalam beberapa kali pertemuan,” tukuknya.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Herlina mengatakan, Pemko Payakumbuh sangat menyambut baik program ini dan mengapresiasi Kelurahan Pakan Sinayan yang terpilih sebagai binaan desa cinta statistik yang tentu melalui proses seleksi yang ketat.

“Ini hal yang sangat membanggakan. Dimana Pakan Sinayan ditargetkan Kemenparekraf dan BPS menjadi desa wisata cinta statistik atau dewi cantik,” katanya.

Dia berharap pencanangan ini tidak hanya sekedar seremonial tetapi harus mampu memahami objective and key results yang dituju agar program dewi cantik ini nantinya dapat menjadi pioneer untuk kelurahan-kelurahan lain di Payakumbuh, sehingga mewujudkan target menjadi kota cinta statistik.
Dan juga walikota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakili oleh ibuk staf ahli herlina. Menyerahkan SK desa Cantik tersebut kepada kepala kelurahan pakan sinayan Herdison.

“Mari optimalkan kegiatan ini agar terciptanya data yang lebih berkualitas untuk dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif,” ucapnya.

“Semoga pelaksanaan pembinaan statistik sektoral desa cinta statistik (desa cantik) atau dewi cantik kelurahan pakan sinayan dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (rls/intan)

Komentar

Tinggalkan Balasan