oleh

Motivasi Dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Dalam KPA Goes To School

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal dalam kegiatan KPA Goes To School di SMK Kosgoro, Selasa (27/8) memberikan motivasi dihadapan lebih dari 80 siswa kelas X dan XI sekolah yang berlokasi di Kelurahan Parak Batuang, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Bakhrizal menyebut siswa yang ada di sekolah sekarang adalah penentu masa depan untuk dirinya sendiri sebelum menentukan masa depan bangsa.

“Besok, betapa banyak kegagalan dan akhirnya mereka bekerja pada satu sisi dimana pekerjaan yang mereka lakukan itu tidak yang mereka sukai, akibat dari kegagalan dimana tidak bisa menentukan pilihan untuk masa depan mereka pada hari ini, dan siapa yang menentukan suksesnya pada hari ini, tidak akan mencemari masa depan dengan kegagalan, kuncinya ada di perangai,” kata Bakhrizal.

Diterangkan Bakhrizal, meskipun sekolah swasta sekalipun yang hanya dengan kemampuan seadanya, tapi hebatnya sebuah sekolah ditentukan oleh upaya masyarakat sekolah untuk merubah sikap perilaku terhadap sebuah keadaan.

“Hal pertama yang akan dipertanyakan oleh dunia pekerjaan adalah perilaku, hal ini akan ananda sekalian rasakan dimasa yang akan datang, makanya kita katakan sebuah keberhasilan anak didik yang menjadi orang yang baik, mari tekadkan kepada perubahan dengan menghidupkan organisasi sekolah yang lebih baik,” katanya.

Untuk ancaman HIV/AIDS dan Narkoba. Bakhrizal menyebut dalam usia sekolah, siswa banyak berorientasi yang ingin mencoba-coba dalam sisi negatif, contohnya saat baru saja menginjak kelas 1 SMA siswa mencoba rokok, maka akan meningkat dengan mencoba ganja, dan semakin dibiarkan dan berani maka akan mudah melakukan sesuatu yang menjadi asal muasal dari sebuah penyakit.

“Pada akhirnya terjerumus kedalam kehancuran masa depan. Sampai saat ini, penyakit AIDS sangat membunuh, yang merupakan penyakit akibat dari sebuah perilaku,” sebut Bakhrizal.

Bakhrizal berbagi trik kepada siswa dan siswi dengan mengatakan perilaku pria mudah sekali dirobah dengan sikap yang ditunjukkan oleh wanita. Dimana wanita menjadi kontrol bagi laki-laki, dan laki-laki menjadi pagar bagi teman wanitanya.

“Perempuan menjauhi pria perokok, maka pria akan stress dan akan terjadi perubahan prilaku, tekadkan untuk jangan menciderai diri dengan sikap-sikap negatif. Jangan coba-coba melakukan sesuatu dengan pergaulan seks bebas, ini adalah pintu dari segala kegagalan. Sedikit saja bebas dengan pria, maka akan membuka celah untuk melakukan hal yang tidak diinginkan, cukup menjadi pengetahuan saja bagi kita, masih belum perlu untuk mengetahui bagaimana rasanya seks karena akan pasti menjadi persoalan besar di belakang hari, apalagi sampai hamil dalam kondisi sekolah, berat perjuangan dan menjadi ancaman terhadap masyarakat,” papar kadis yang akrab disapa Pak Bek itu.

Bakhrizal juga menyampaikan pesan kepada guru dan kepala sekolah, dengan memberlakukan tindakan tegas kepada perilaku siswa, dimana ada sistem reward dan punishment yang diterapkan di sekolah.

“Sekolah akan menjadi baik dengan perubahan, guru jangan apatis, ini ladang amal untuk melakukan kebaikan dengan menciptakan generasi yang berakhlak mulia, silahkan rapatkan bersama komite dan jadikan SMK Kosgoro menjadi sekolah penghasil SDM yang berkualitas,” pungkas Bakhrizal.

Komentar

Tinggalkan Balasan