oleh

Fadli Zon Sepakat Pandangan JK Soal Kisi-kisi Debat Capres

Jakarta, Suarapribumi.co.id – Wakil Ketua DPR Fadli Zon sepakat dengan pendapat Wakil Presiden Jusuf Kalla soal kisi-kisi debat capres yang tak seharusnya dibuka. Menurut Fadli Zon, pendapat JK soal kisi-kisi sangat tepat.

“Apa yang disampaikan oleh Pak JK itu saya kira benar sekali,” ujar Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Fadli Zon mengatakan seharusnya memang kisi-kisi debat tak diberikan ke masing-masing pasangan calon. Sebab, kata dia, kisi-kisi yang diberikan membuat substansi debat berkurang. “Kisi-kisi debat itu membuat berkurangnya greget kita terhadap pemimpin yang sesungguhnya,” katanya.

Menurut Fadli Zon, kisi-kisi ini juga membuat debat menjadi kurang seru. Hal ini, kata dia, seharusnya tak dilakukan KPU dengan membuka pertanyaan-pertanyaan ke pasangan calon, seperti yang disampaikan oleh JK. “Walaupun Pak JK sekarang ini petahana sebagai wakil presiden, kalau apa yang disampaikannya saya akui kalau itu benar,” ucapnya.

Sebelumnya, JK kurang setuju dengan langkah KPU yang berencana memberikan kisi-kisi materi debat pemilihan presiden sebelum acara tersebut dimulai. Jawaban yang akan diberikan, menurut JK, tidak menandakan jawaban yang asli.

JK menuturkan, ajang debat bertujuan untuk mengukur pengetahuan capres dan cawapres saat menghadapi masalah. Mereka harus memutuskan sendiri langkah yang akan ditempuh ketika menghadapi masalah. Dari jawaban itulah masyarakat mengetahui kemampuan calon pemimpin mereka dan menentukan pilihannya.

Debat pertama pilpres 2019 akan bertema seputar isu hukum, korupsi, HAM, dan terorisme. Pola debat pertama ini yakni antara kedua pasangan capres-cawapres. Sepekan sebelum debat, setiap pasangan akan diberikan kisi-kisi pertanyaan.

(tempo.co)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait