oleh

BPBD Kota Pariaman Siapkan Desa Tangguh Bencana

Pariaman, Suarapribumi.co.id — Pemerintah Kota Pariaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membentuk Desa Tangguh Bencana Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di 2 (dua) desa salah satunya desa Cimparuh  selama 10 (sepuluh) hari mulai tanggal 7 s.d 11 Juni 2021 dan dilanjutkan pada tanggal 21 s.d 25 Juni 2021.

Dasar hukum pembentukan Desa Tangguh Bencana UU no 24 tahun 2007, Peraturan Kepala BNPB No 1 Tahun 2012,  dan DPA-SKPD BPBD Kota Pariaman TA 2021.

“Tujuan dibentuknya Desa Tangguh Bencana ini adalah untuk menciptakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir Sumber Daya Masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi resiko bencana,” kata Kalaksa BPBD Kota Pariaman, Bapak Azman, S.E., M.M, senin (7/6).

Mengenang kembali peristiwa gempa 30 september 2009 Kota Pariaman merupakan daerah rawan bencana.

Kegiataan pembentukan Desa Tangguh Bencana ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta yang terdiri dari unsur Kepala Dusun, BPD, LPM, Barakai, Karang Taruna, PKK dan Dubalang Desa Cimparuh.

Kegiatan pembentukan Desa Tangguh Bencana dilaksanakan dengan penyampaian materi dari narasumber, observasi lapangan, penyusunan dokumen kebencanaan dan praktek lapangan.

Nara sumber kegiatan ini terdiri dari Jemari Sakato, Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Forum Mesjid Peduli Bencana Kota Pariaman, dan BPBD Kota Pariaman.

Hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan  kegiatan ini adalah terbentuknya FPRB Desa yang sudah disah kan  oleh kepala Desa, tersedianya Dokumen  Kebencanaan Desa  (RPB, Renkon , RKU dan RAK), tersedianya peraturan desa untuk melegalisasi Dokumen Kebencanaan Desa (RPB dan Renkon), dan tersedianya dukungan sumber daya untukmembangun Desa Tangguh.

Pewarta: Patmanila Elpisa, S.Pd

Komentar

Tinggalkan Balasan