oleh

Bank Nagari Payakumbuh Launching KUR Super Mikro dan Serahkan PSBI

Payakumbuh, suarapribumi.co.id–Bank Nagari cabang Payakumbuh menyerahkan Bantuan Pinjaman PSBI (Program Sosial Bank Indonesia) untuk masyarakat Payakumbuh kepada Pemko dan Launching kredit pembiayaan MARANDANG (Melawan Rentenir di Daerah Minang) dalam rangka percepatan akses keuangan daerah di Aula Ngalau lt. 3 Kantor Balaikota Payakumbuh pada Kamis, (23/09).

Muhammad Irsyad dalam sambutannya, menyampaikan bahwa semenjak tahun kemarin ekonomi masyarakat Payakumbuh menurun derastis akibat Pandemi Covid-19. Butuh peran dari bank daerah untuk membangkitkan kembali pendapatan ekonomi khususnya masyarakat Payakumbuh.

“Semenjak tahun 2020 lalu kita semua dilanda oleh Pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat banyak mengeluh dengan keadaan usaha baik itu petani sampai pedagang kaki lima yang tidak berjalan dengan baik. Kami berharap dengan adanya bantuan berupa pinjaman ini atau KUR Super Mikro Marandang ini kita dapat bangkit dari kondisi ekonomi yang sempat menurun,” kata Irsyad

Ia berharap bersama dengan walikota Payakumbuh,  nasabah-nasabah mendapat pembinaan instansi yang dikelola dengan baik.

“Kami berharap melalui bapak walikota nasabah-nasabah mendapatkan pembinaan instansi yang dikelola dengan baik. Kita bekerjasama melawan rentenir yang masih berkeliaran di kota Payakumbuh,” imbuhnya.

Sementara itu, Riza Falepi juga sangat mengapresiasi dengan diluncurkan KUR Super Mikro Marandang. Ia siap mengeluarkan SK untuk membentuk Tim pengawasan, pengelola, dan pembinaan berupa bentuk sosialisasi.

“Saya sudah hampir 10 tahun menjabat sebagai walikota sangat bingung sekali mencari solusi dalam menyelesaikan perekonomian kita. Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi sekali kepada Bank Nagari yang telah meluncurkan program ini. Mudah-mudahan ini menjadi peningkatan dari pembangunan yang kita lakukan saat ini,” pungkas Riza.

Bantuan PSBI yang bersifat pinjaman ini hanya bisa diperoleh orang yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan yaitu poto copy KTP suami dan istri, kartu keluarga, surat nikah, foto 4×6 suami + istri dua (lembar).

Program ini ditujukan kepada pengusaha Bengkel, petani cabe, peternakan ayam kampung, pedagang makananan kaki lima, pedagang harian, usaha garendong dan tukang jahit.

Adapun jumlah yang bisa didapat oleh peminjam yang memenuhi persyaratan dengan platfond s/d 10 jt dengan bunga 2000/hari.

Acara kemudian dilanjutkan dengan launching Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) sebagai salah satu program kerja TPAKD Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 dengan nama KUR Super Mikro MaRandang (Melawan Rentenir di daerah Minang) yang akan disalurkan oleh PT BPD Sumatera Barat atau Bank Nagari cabang Payakumbuh.

Launching kredit Marandang ditandai dengan penabuhan gandang tambua oleh Riza Falepi.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri; walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kepala OJK Sumatra Barat Yusri, Kepala Cabang Bank Nagari Payakumbuh Oktra Firdaus, Kepala Cabang Bank Nagari Syari’ah Fitri Bahreni, Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten Setdako, Kepala OPD, pejabat lingkungan Pemko Payakumbuh, dan tamu undangan. Juga penyerahan apresiasi kepada Paskibraka asal kota Payakumbuh M. Bimtara Widayanto yang telah mengharumkan nama Kota Payakumbuh di tingkat nasional. (Siti Saputri)

Komentar

Tinggalkan Balasan