Susun RKP dan RAB, Nagari Barulak Survei Tali Bandar Palo Lokuak

Berita64 views

Barulak, Suarapribumi.co.id — Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari Barulak membentuk tim verifikasi nagari. Tim verifikasi tersebut melakukan survei ke lapangan untuk penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemerintahan nagari.

“Survey dilakukan oleh tim verifikasi nagari dalam rangka penyusunan RKP 2023. Ini adalah salah satu tahapan yang dilakukan sebelum melakukan Musrenbang Nagari,” ujar Pendamping Lokal Desa, Ismarni SP, (27/9/2022).

Salah satunya adalah survei Tali Banda Palo Lokuak, Jorong Aua, Nagari Barulak. Ia mengatakan setelah dilihat oleh tim verifikasi, kegiatan tersebut layak untuk didanai dengan menggunakan anggaran Dana Desa, “Karena memenuhi beberapa kriteria tertentu kalau kita akan menggunakan DD,” jelasnya.

Diantaranya penerima manfaat, luas hamparan, dan yang sangat penting sekali kalau kegiatan ini harus memenuhi PKTD (Padat Karya Tunai Desa) artinya 50 % dari anggaran harus di gunakan utk upah.

Tahapan perencanaan Nagari (Permendagri no 114 tan 2014) mulai dari penggalian gagasan dari masing-masing jorong, kemudian dibuatkan daftar usulannya selanjutnya musyawarah Nagari (Musnag) diadakan kisaran bulan Januari – Juni.

Selain dari menyusun berita acara hasil musnag, juga menetapkan tim verifikasi yang akan di SK kan wali nagari. “Tim inilah yang turun ke lapangan untuk memverifikasi kegiatan. Salah satunya ke Tali Bandar Palo Lokuak,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah diverifikasi ke lapangan, baru dilakukan Musrenbang tingkat nagari untuk menetapkan RKP nagari. RKP harus dilengkapi gambar dan RAB kegiatan. Musrenbang diadakan Juli – September. (Syafri)

Editor: Syafri Ario, S. Hum

Tinggalkan Balasan