Nagari Barulak Gelar Pelatihan Budidaya Ikan, Maggot dan Pelatihan Pokdarwis

Berita88 views

Barulak, Suarapribumi.co.id — Pemerintah Nagari Barulak menggelar pelatihan budidaya ikan air tawar selama 4 hari dari tanggal 22 s/d 25 November 2022 dengan peserta berjumlah sebanyak 20 orang di balai adat Nagari Barulak.

Adapun narasumber pelatihan adalah dari Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar, Penyuluh Perikanan Kabupaten Limapuluh Kota dan Ketua Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Mungka Kabupaten Limapuluh Kota.

Wali Nagari Barulak melalui Kasi Pelayanan, Dian wahyuni Essra, mengatakan peserta pelatihan juga diberikan tas, baju seragam, bibit ikan dan pelet ikan.

“Dengan adanya pelatihan budidaya ikan air tawar masyarakat bisa memanfaatkan kolam pekarangan rumah sehingga meningkatkan perekonomian dan bisa bekerjasama dengan BUMNag Wahana Karya Mandiri Barulak.

Sementara itu, pelatihan budidaya Maggot dilaksanakan selama 2 hari pada 7 dan 8 Desember di Balai Adat Nagari Barulak.

Peserta berjumlah sebanyak 15 orang yang merupakan anggota Bank Sampah Andam Sari Nagari Barulak dengan pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup, pelaku usaha Maggot dan PPL Perikanan Kabupaten Limapuluh Kota.

“Dengan pelatihan budidaya Maggot diharapkan berkurangnya sampah organik dan diberikan untuk Maggot yang Maggot tersebut merupakan salah satu bahan untuk pembuatan pelet ikan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Maggot disebut juga belatung yang dihasilkan dari telur lalat hitam (BSF) sangat aktif memakan sampah organik. Proses Bio konversi oleh maggot ini dapat mendegradasi sampah lebih cepat, tidak berbau, dan menghasilkan kompos organik, serta larvanya dapat menjadi sumber protein yang baik untuk pakan unggas dan ikan.

Kemudian Pemerintah Nagari Barulak juga menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Pokdarwis selama 2 hari pada 9 dan 10 November 2022 di Balai Adat Nagari Barulak. Peserta adalah pengurus Pokdarwis Nagari berjumlah sebanyak 28 orang. Narasumber didatangkan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar dan Dosen IAIN Batusangkar.

“Peserta diberi baju seragam. Dengan dilakukannya pelatihan peningkatan kapasitas Pokdarwis agar terciptanya pengurus Pokdarwis yang paham dan mampu membentuk desa wisata di Nagari Barulak,” jelasnya. (Syf)

Editor: Syafri Ario, S. Hum

Tinggalkan Balasan