oleh

Serka Nurjufrizal Babinsa Koramil01/Pyk Bantu Damaikan Warga Yang Bersiteru

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Sebagai realisasi tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan sesuai UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, Koramil 01/Payakumbuh malaksanakan fungsi pembinaan teritorialnya salah satunya dengan bergerak cepatnya Babinsa apabila mendapat laporan dan melihat masyrakat binaannya yang dalam masalah atau terindikasi akan ada keributan.

Seperti salahsatu upaya yang dilaksanakan Sersan Kepala Nurjufrizal dengan tidak mengenal waktu diluar jam dinas, apabila mendapat laporan warga yang ribut sang Babinsa langsung turun kelapangan.

Baru-baru ini Babinsa membantu menyelesaikan masalah antara warga di RT02/RW02 Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kamis (11/7), akibat kesalahpahaman antara warga itu mengakibatkan pintu dan jendela salahsatu warga rusak.

“Kami segera mendamaikan kedua warga dan meminta menyelesaikan masalah tersebut baik-baik, dan tidak lupa membuat surat perdamaian dan pernyataan agar warganya tidak mengulangi lagi perbuatan main hakim sendiri, karena cekcok dan keributan tidak akan menyelesaikan masalah, maka kami bawa ke kantor lurah untuk diselesaikan,” kata Serka Nurjufrizal.

Tidak hanya itu, masalah lainpun muncul lagi dengan adanya laporan masyarakat tentang keributan warga akibat kesalahpahaman tentang posisi penempatan patok tanah di perumahan Griya Asri, Kelurahan Pakan Sinayan, Jum’at (11/7) malam.

“Karena ketidaktahuan masalah patok tanah tersebut oleh beberapa warga, sehingga ada komplain dan rasa kurang puas dengan saudari Imel selaku orang yang disangka memakai tanah fasum (fasilitas umum) yang di samping tanah saudari Imel tersebut, kita datang kesana memastikan masalah tersebut selesai dengan cara baik-baik, tidak perlu memakai urat,” kata Serka Nurjfrizal bercerita.

Berkat kepiawaian sang Babinsa, semua itu juga bisa diselesaikan dan mendapatkan kepuasaan diantara kedua pihak yang bertikai.

“Kami sangat berterima kasih yg sebesarnya kepada Serka Nurjufrizal yang sudah begitu peduli kepada masyarakat dan waktunya pun banyak tersita karena masalah masyarakat, namun pak Babinsa kami tidak pernah mengeluh,” puji LPM Pakan Sinayan, Mulyadi yang saat itu ikut hadir menyelesaikan kesalahpahaman tersebut.

Kapten Czi Joni Forta selaku Danramil 01/Payakumbuh didampingi salah seorang Danpos Koramil Pelda Johan Dalizaro H mengatakan kehadiran Babinsa untuk membantu menjadi penengah dari masalah diharapkan semoga semakin dicintai dan dirindukan masyarakat, khususnya warga Kota Payakumbuh sehingga nantinya bisa ada pameo yang baik dengan kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat.

“Babinsa sebagai solusi yang cepat, tepat, dan akurat, kami hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada, kapanpun dan dimanapun kami siap untuk terjun langsung ke lapangan,” ujar Danramil mantap.

Komentar

Tinggalkan Balasan