Hasil Rekapitulasi KPU, Fix, Paslon Safari Raih Suara Terbanyak

Politik1,628 views

Sarilamak, Suarapribumi.co.id – Paslon Safaruddin Dt Bandaro-Rizki Kurniawan (Safari) dipastikan memperoleh suara terbanyak pada pilkada Kabupaten Lima Puluh Kota tahun ini berdasarkan data resmi rekapitulasi KPU Kabupaten 50 Kota.

KPU Kabupaten Lima Puluh Kota melakukan rekapitulasi tingkat kabupaten mulai 16 sampai malam ini. Dari penghitungan suara tersebut persis sama dengan hasil real count Tim Safari di kantor Golkar tempo hari.

Atas hasil tersebut artinya tak ada lagi perselisihan atau perdebatan terkait paslon Safari sebagai paslon peraih suara terbanyak di Pilkada 50 Kota dimana sebelumnya sempat ada klaim dari Paslon Salam yang menyatakan Paslon Sahladi-Dt Pobo yang meraih suara terbanyak.

Dari pantauan di lapangan dalam rekapitulasi KPU tampak Paslon Safari meraih 31.43 persen disusul Paslon Salam 26.71 persen selanjutnya Paslon Mr Ay 26.33 persen dan terakhir paslon FN 15.53 persen.

Dari persentase tersebut total jumlah suara untuk paslon Safari sebanyak 50.986 suara, paslon Salam 43.338, Paslon Mr Ay 42.707 dan FN sebanyak 25.198 suara.

“Ya betul, Paslon nomor urut satu raih 42707 suara, Paslon nomor urut dua 43338 suara, Paslon nomor urut tiga 50986 suara, dan  paslon nomor urut empat 25198 suara. Jadi jumlah suara sah 162229,” ujar Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon yang memimpin langsung rapat pleno di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Kamis malam (17/12).

Komisioner KPU Lima Puluh Kota, Ambreizer mengatakan keberhasilan ini tentunya sumbangan kerja keras kawan KPPS, PPS, PPK dan sekretariat serta staf KPU 50 Kota serta perhatian serius dari masyarakat 50 Kota secara umum untuk memilih putra terbaik dari yang terbaik memimpin 50 Kota kedepan.

“Alhamdulillah, KPU 50 Kota sudah berhasil dan selesai melakukan rekap di tingkat kabupaten sesuai dengan jadwal tahapan dan tidak mendapat kendala yang berarti, tidak ada keberatan dari saksi dan bawaslu atas perolehan suara masing-masing calon,” kata Ambreizer.

Ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat serta kepada masyarkat Lima Puluh Kota.

“Ucapan terima kasih kepada pihak kepolisian dan pemerintah daerah serta Bawaslu dan masyarakat secara umum yang turut mensukseskan pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini,” ujarnya.

Pewarta: Syafri Ario

Tinggalkan Balasan