oleh

Diundang RPJMD 50 Kota, Rezka Oktoberia Sampaikan Sejumlah Point Penting

Sarilamak, Suarapribumi.co.id — Anggota DPR-RI, Rezka Oktoberia ikut dalam musrenbang RPJMD Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2021-2026 di Aula Kantor Bupati dalam rangka melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah.

Pada kesempatan itu Rezka Oktoberia mengatakan RPJMD merupakan dokumen perencanaan daerah 1 periode kepemimpinan daerah. Meskipun RPJMD lahir dari visi misi Kepala daerah terpilih, sebagai dokumen perencanaan pembangunan daerah tentu harus membuka ruang partisipasi masyarakat baik yang di ranah maupun di rantau sehingga berbagai potensi daerah dapat terhimpun.

“Semakin banyak dan luas partisipasi Publik terlibat dalam perencanaan insyaAllah memberikan masukan positif utk pembangunan daerah,” kata Anggota DPR-RI asli Luak 50 tersebut, Senin (31/5).

Lanjutnya, RPJMD harus mampu merumuskan langkah Strategis pembangunan yang inovatif, produktif, tidak business usual mengingat kondisi saat ini sedang mengalami Pandemic Covid 19 yang membuat situasi tidak lagi normal.

“Ekonomi nyaris lumpuh. Sektor Ekonomi harus menjadi prioritas utama yang menjadi titik balik Pemulihan. Perlu terobosan jitu dengan memberdayakan segala potensi Ekonomi daerah sebagai penopang Pemulihan Ekonomi. 50 Kota memiliki potensi Peternakan, perkebunan, pertanian, Pariwisata, perikanan, kuliner, umkm Dan perdagangan,” ujarnya.

Ia mengharapkan rumusan sektor prioritas dan unggulan yang dicerminkan oleh RPJMD dapat sebagai pemandu bangkitnya Ekonomi 50 Kota pasca pandemic. Kemudian mengingat singkatnya masa jabatan kepemimpinan daerah periode ini, serta adanya keterbatasan pembiayaan, strategis pembangunan berbasis potensi unggulan yang prioritas hendaknya menjadi hal yang haruss difokuskan.

Rezka juga menyampaikan saran supaya perencanaan yang disusun bisa diwujudkan perlu digitalisasi yang berkembang pada saat ini harus bisa dimanfaatkan maksimal untuk pelayanan Publik, penyederhanaan birokrasi, pengembangan UMKM dan sektor Ekonomi lainnya.

“Sampai saat ini kondisi pandemi belum berakhir, kabupaten 50 kota masih daerah zona orange. Kita berdoa semoga ini semua segera berakhir. Saya meminta kepada Bapak Bupati, Satgas Covid, Forkompinda dan jajaran untuk lebih dan makin serius lagi menangani pemutusan rantai penyebaran Covid-19 ini, termasuk vaksinasi,” jelasnya.

Rezka menyatakan siap untuk bersinergi asal demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kita bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten 50 Kota ini bisa diperjuangkan dan realisasikan bersama. Sebagai wakil rakyat dari Kabupaten 50 Kota, Saya siap bersinergi bersama memperjuangkan aspirasi, program daerah yang berskala nasional dan mendorong program nasional ke daerah kita Kabupaten 50 Kota,” tutur Rezka.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum

Komentar

Tinggalkan Balasan