oleh

Demokrasi di Nagari Batu Balang Berstandar Nasional

Batu Balang, Suarapribumi.co.id – Proses pemilihan anggota Badan Musyawarah Nagari (BAMUS) Batu Balang Kecamatan Harau periode 2021 sd 2027 dapat dikatakan berstandar Nasional karna kaidah kaidah dalam Demokrasi yang baik dilaksanakan dengan regulasi yang jelas, transparan dengan suasana tetap badunsanak.

Berdasrkan Keputusan Wali Nagari Batu Balang Nomor 5 tahun 2021 tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Anggota BAMUS Batu Balang berjumlah 11 orang yang di pimpin oleh Ketua Panitia Elvia Daimar, SM Hk.

“Dalam laporan Ketua Panitia, penetapan calon Anggota Bamus dari keterwakilan wilayah Jorong yang terdiri dari 6 jorong dan keterwakilan perempuan di komplek Kantor Wali Nagari Batu Balang berjalan tertib dan penuh antusias,” kata Ketua Panitia yang akrab dipanggil Uwa itu, Minggu 21 Maret 2021.

Menurut mantan Kapolsek Harau dan Ketua LPM Batu Balang tersebut Panitia Pemilihan telah merumuskan tata tertib pemilihan, menetapkan calon anggota Bamus, menyelesaikan sengketa pemilihan dan menetapkan hasil pemilihan anggota Bamus.

Jumlah Calon anggota Bamus dari Jorong Balai 4 orang, Koto Kociak 4 orang, Boncah 5 orang, Padang Ambacang 5 orang, Tiga Alur 4 orang dan Koto Harau 5 orang, sedangkan Perwakilan Perempuan calon 6 orang, Pemilihan perwakilan Jorong dilaksanakan di Jorong masing masing dan akan menghasilkan 1 orang anggota Bamus dengan wilayah Jorong

Kemudian Perwakilan Perempuan wilayah pemilihannya adalah wilayah nagari dan hanya dipilih oleh kaum perempuan saja sesuai dengan aturan yang berlaku jumlah anggota Bamus 7 orang, terdiri dari 6 orang dipilih dari perwakilan Jorong dan 1 orang perwakilan perempuan.

Wali Nagari Batu Balang Dasril Sofiadi menyatakan bahwa pemilihan calon anggota Bamus sangat antusias diikuti oleh anak nagari dan berharap nanti akan terpilih anggota Bamus yang mampu memajukan nagari Batu Balang.

“Kami Wali nagari betul betul ingin menjaga netralitas dan menyerahkan sepenuhnya proses pemilihan kepada Panitia Pemilihan yang sudah ditetapkan,” ujar wali nagari yang low profile itu.

Proses pemilihan calon anggota Bamus Batu Balang mirip sekali dengan Pemilu Legislatif dengan mengikuti aturan yang ketat dan berstandar Nasional, bahkan Semua calon anggota Bamus membacakan Deklarasi Fakta Integritas yang ditanda tangani oleh semua calon dan diketahui oleh Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua Ketapatan Adat Nagari dan Ketua Pemilihan.

“Kami sangat berbahagia dan terharu anak nagari mampu berdemokrasi secara santun dan taat azas dan berharap akan terpilih anggota Bamus yang terbaik untuk membawa kemajun untuk nagari Batu Balang,” ujar Ketua KAN Batu Balang Herry Dt Majo Kayo.

Sekretaris Nagari Batu Balang Des Syawal mengatakan pesta demokrasi untuk memilih anggota Bamus akan dilaksanakan hari Minggu 28 Maret 2021.

Batu Balang memang selangkah di depan, membangun nagari dengan kekuatan badunsanak misalnya membeli ambulance nagari hanya dengan mengandalkan sedekah anak nagari baik yang dikampung maupun yang di rantau, kekuatannya pada siturrahmi dan kepedulian bernagari.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum

Komentar

Tinggalkan Balasan