oleh

Bupati Irfendi Arbi Resmikan Puskesmas Baruah Gunuang dan Koto Tinggi

Limapuluh Kota, Suarapribumi.c0.id – Menjelang akhir masa jabatannya Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi meresmikan dua unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sekaligus di Kabupaten Limapuluh Kota. Adapun dua Puskesmas tersebut terletak di Nagari Baruah Gunuang dan Nagari Koto Tinggi, peresmian tersebut dilaksanakan secara daring oleh Bupati di aula Dinas Kesehatan setempat pada Kamis (4/2) siang.

Turut hadir dalam peresmian Puskesmas tersebut Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino, serta Pegawai dan staf di Dinas Kesehatan Limapuluh Kota.

Dalam Laporannya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota Tien Septino mengatakan dua Puskesmas tersebut merupakan relokasi dari lokasi bangunan lama ke lokasi bangunan yang baru. “Direlolasi ke tempat yang baru. Keduanya sudah mulai beroperasi dan Alhamdulillah hari telah diresmikan langsung oleh Bupati,” kata Tien Septino saat peresmian kedua gedung secara daring.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Deni Hendra Suryadi mengungkapkan pembangunan dua Puskesmas tersebut merupakan wujud dari keinginan Bupati yang meminta jajarannya untuk memberikan pelayanan di kawasan pinggir Kabupaten Limapuluh Kota. “Suksesnya pembangunan Puskesmas berkat inisiatif Pak Bupati. Membangun dari pinggir dan peresmian dua Puskesmas kita ini melalui daring, sesuai dengan protokol kesehatan dan mengantisipasi keramaian,”ujar Deni.

Ia mengatakan, pembangunan dua Puskesmas tersebut menggunakan anggaran berbeda. Yaitu Puskesmas Baruah Gunuang melalui dana APBD Limapuluh Kota 2020 sedangkan Puskesmas Koto Tinggi menggunakan dana DAK.

“Jadi total pembangunan Puskesmas Baruah Gunuang dibangun dengan biaya sebesar Rp 5,21 Miliar, sedangkan Puskesmas Koto Tinggi sebesar Rp 5,09 Miliar,”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi usai menandatangi prasasti tanda diresmikannya kedua Puskesmas tersebut berpesan kepada jajarannya agar kedua bangunan baru itu dijaga dan dirawat sebaik mungkin.

“Kepada seluruh petugas medis, tenaga kesehatan agar saling sama-sama menjaga bangunan baru Puskemas ini,” ucap Irfendi Arbi dihadapan bidan, perawat, dokter yang mengikuti peresmian secara daring tersebut

Irfendi Arbi juga meminta petugas di kedua Puskesmas tetap melayani masyarakat dengan penuh senyum, sehingga memberikan kenyamanan terhadap masyarakat yang berobat.

“Layani masyarakat dengan baik, layani dengan senyum. Mudah-mudahan Puskemas yang baru bermanfaat banyak bagi masyarakat setempat. Terutama dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Irfendi Arbi.

Tak lupa Ia juga berpesan kepada tenaga kesehatan untuk tidak abai terhadap pandemi covid-19 serta tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam memberikan pelayanan dan memberikan sosialisasi vaksin covid-19 kepada masyarakat.(Wulan Septia)

Komentar

Tinggalkan Balasan