oleh

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Bang Saudagar Business Academy Gelar Webinar

Limapuluh Kota, Suarapribumi.co.id – Usaha mikro kecil menengah (UMKM) saat ini tengah dilirik banyak orang untuk beralih profesi. Buktinya, tak sedikit yang beralih menjadi UMKM lantaran terdampak pandemi.

Hal tersebut menjadi perhatian Bang Saudagar Business Academy agar UMKM bisa sukses dan dapat bertahan. Jangan sampai UMKM timbulnya bak cendawan tumbuh namun usianya hanya seumur jagung.

Bang Saudagar Business Academy menggelar Webinar untuk para pelaku UMKM khususnya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota dan umumnya secara nasional pada Selasa (6/4 2021) dengan menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dan pakar dibidangnya.

Head Of Bang saudagar Business Academy Wengki Chaniago, menyatakan bahwa harus ada kiat khusus dalam mengembangkan UMKM di era digital saat ini, apalagi di masa pandemic covid-19 yang mengharuskan banyak orang untuk beralih profesi karena terdampak pandemi.

“Sejak Covid-19 yang hampir 2 tahun ini melanda dunia termasuk daerah kita, banyak orang beralih profesi atau merintis usaha karena terdampak virus tersebut, maka perlu kiat khusus bagaimana usaha yang dirintis itu dapat bertahan dan berkembang,” ujar Wengki di Komplek Perkantoran Business Digital Park Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bang Saudagar Business Academy menggelar webinar dengan tema Membangun Jiwa Usaha Pelaku UMKM yang Kreatif dan Inovatif di Era Digital dengan menghadirkan narasumber Benny AD Komisaris Utama PT Diwangkara Eksa Data Indonesia yang sudah berpengalaman dalam bisnis digital serta eksport-import.

“Kita menggandeng Pak Beni yang sudah banyak pengalaman terutama dalam memajukan UMKM, bisa menularkan ilmunya kepada UMKM kita di Limapuluh Kota ini,” ucap Wengki.

Ia mengatakan pihaknya juga sengaja mengundang khusus Rektor Tamsis, Sepris Yonaldi, rektor muda yang banyak melakukan pendampingan terhadap UMKM serta Bumdes/Bumnag.

Ia mengharapkan dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber, para pelaku UMKM dapat suntikan semangat dalam pengembangan UMKM kedepannya.

Wengki juga menambahkan bahwa saat ini tantangan bisnis/tantangan usaha sangat berat, maka harus ada seni yang tepat dalam menjaga dan mengembangkan bisnis baik di era digital maupun karena pandemi covid-19 ini serta perlu adanya dukungan pemerintah.

“Webinar ini nanti akan dibuka oleh Kepala (Plt) Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Lima Puluh Kota Ibu Ayu Mitria Fadri, S.Si M.M.Pd. dari pemaparan beliau nantinya, kita tau bagaimana peran pemerintah dalam memperkuat dan membesarkan UMKM,” tutup Wengki Chaniago yang juga Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumatera Barat.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum

Komentar

Tinggalkan Balasan