KPU Kota Payakumbuh Luncurkan Tahapan dan Maskot Pilkada, Pj.Wako : Rentan Konflik Jaga Situasi Keamanan

Payakumbuh23 views

Payakumbuh,suarapribumi.co.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Suprayitno memastikan dirinya beserta jajaran akan mendukung penuh seluruh tahapan penyenggaraan Pemilihan Serentak Nasional 2024 atau Pilkada yang puncaknya akan dilaksanakan Rabu 27 November 2024.

Hal tersebut disampaikannya saat Peluncuran tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh tahun 2024 di Kota Payakumbuh di Gor M. Yamin, Rabu (26/06/2024) malam. Pada kesempatan itu juga diperkenalkan Maskot Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh yakni Plikko.

“Kami sampaikan apresiasi dan dukungan penuh kepada penyelenggara dalam hal ini KPU Kota Payakumbuh dan Bawaslu Kota Payakumbuh beserta jajaran, atas tugas berat yang akan diemban,” kata Pj Wako Payakumbuh Suprayitno.

Ia percaya bahwa seluruh penyelenggara akan bekerja dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung jawab dan integritas yang tinggi demi tercapainya Pilkada yang berkualitas.

“Alhamdulillah untuk suksesnya Pilkada, Pemko Payakumbuh telah menuntaskan 100 persen dukungan berupa pencairan dana hibah Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh dengan total anggaran sebesar Rp.20.752.641.000 yang berasal dari APBD Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Tidak hanya dari penyelenggara, sambung Suprayitno, dukungan pemerintah, TNI, Polri, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Partai Politik, dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pilkada ini. Selanjutnya Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan pilkada ini berjalan dengan jujur, adil, dan transparan.

“Kami mengimbau kepada seluruh pihak termasuk partai politik, para bakal calon kepala daerah serta masyarakat umum untuk bersama-sama menjaga kondusivitas dan ketertiban selama berlangsungnya proses pilkada ini,” ungkapnya.

Menurutnya kegiatan yang diselenggarakan KPU Kota Payakumbuh saat ini adalah salah satu tahapan penting dalam menghadapi perhelatan politik yaitu agenda peluncuran tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh tahun 2024.

“Mari kita jadikan Pilkada ini sebagai ajang untuk menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi. Kami berharap seluruh tahapan pilkada dapat berjalan dengan lancar, tanpa adanya gesekan atau konflik yang dapat merusak keharmonisan di tengah masyarakat terutama di kota yang kita cintai ini Kota Payakumbuh,” katanya.

Sementara Ketua KPU Kota Payakumbuh Wizri Yasir mengatakan bahwa pihaknya sangat membutuhkan kontribusi pemikiran dan masukan dari seluruh pihak untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Serentak Nasional 2024.

“Kami berharap seluruh tahapan yang sedang dan akan berlangsung dapat berjalan dengan sukses sehingga nanti lahir pemimpin pilihan rakyat,” katanya.

Komisioner KPU Provinsi Sumbar Jons Manedi mengatakan sejumlah tahapan sudah berjalan seperti penerimaan pendaftaran pemantau pemilihan.

“Selanjutnya kami juga sudah melaksanakan pembentukan badan Adhoc PPK dan PPS. Saat ini juga sedang berlangsung tahapan coklit yang dilaksanakan Pantarlih ke rumah-rumah warga,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Unsur Forkopimda, Ketua Bawaslu Payakumbuh Aan Muharman, Komisioner KPU Kota Payakumbuh Ihsanul Huda, Suci Wildanis, Orizko Zulkifli, Khairudin Fambo, OPd Pemko Payakumbuh, Mantan Komisioner KPU, Niniak Mamak, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Parpol, PPK dan PPS se-Kota Payakumbuh. (crp)

Tinggalkan Balasan