oleh

Desembri Terpilih Sebagai Ketua BKSM Payakumbuh

Payakumbuh, Suarapribumi.co.id – Desembri Chaniago terpilih sebagai Ketua Badan Kerjasama Masjid dan Mubaligh (BKSM) Kota Payakumbuh periode 2021 – 2026 dan Mukti Ali sebagai sekretaris.

Desembri terpilih dalam forum sidang yang disepakati untuk memilih 7 orang anggota formatur secara aklamasi. Selanjutnya anggota formatur sepakat menjatuhkan pilihannya kepada Ustadz Desembri, SH, MA.

Pemilihan Ketua BKSM dihadiri Kakan Kemenag kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kasi Penais Hamdan SAg, dan dibuka secera resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang diwakili staf ahli bidang SDM dan Kemasyarakatan di Gedung Training College Labuah Baru Payakumbuh.

Pemilihan ketua atau pengurus baru diawali dengan kesepakatan forum untuk menerima laporan pertanggungjawaban pengurus lama, serta diikuti dengan berbagai rekomendasi bagi pengurus yang akan dibentuk.

Desembri mengatakan sejak beberapa waktu yang lalu ia memang telah diminta secara langsung oleh beberapa guru-guru dan ustadz-ustadz yang lebih senior untuk menerima amanah tersebut.

“Pada awalnya saya mengatakan bahwa masih banyak yang lain yang patut dan mampu untuk menahkodai organisasi ini,” ujar Desembri, Ahad (4/4/21).

Kemudian Desembri memutuskan untuk bersedia menerima mengingat pentingnya organisasi tersebut untuk kemaslahatan umat.

“Tapi akhirnya saya juga merasakan betapa organisasi ini memiliki potensi sangat besar untuk kemaslahatan umat kedepan, dan saya memutuskan untuk bersedia menerima amanah ini, tentunya dengan harapan adanya dukungan dari seluruh mubaligh dan pengurus masjid se Kota Payakumbuh dalam pelaksanaan program kerja nantinya,” kata Desembri.

Kedepan, ia akan tetap melanjutkan program dan kegiatan baik yang telah berjalan selama ini. “Insya Allah kita juga akan melaksanakan berbagai kegiatan lain yang bermuara pada peningkatan kapasitas anggota, pengurus masjid dan umat itu sendiri,” jelasnya.

Ia juga akan melakukan advokasi dan pendampingan bagi para mubaligh se-Kota Payakumbuh terutama anggota BKSM saat melaksanakan tugas-tugas dakwahnya ditengah-tengah umat.

Badan Kerjasama Masjid dan Mubaligh atau disingkat dengan BKSM merupakan sebuah organisasi yang lahir dari kesadaran penuh para pendirinya yang pada waktu itu menghadapi kenyataan tentang betapa tidak mudahnya untuk mencari penceramah terutama khatib yang akan berkhutbah setiap Jum’atnya.

Waktu itu, tahun 1970 sarana komunikasi masih terbatas, masjid sudah cukup banyak, tetapi jumlah mubaligh masih terbatas. Ditambah lagi dengan situasi kebatinan masyarakat yang masih trauma pasca pemberontakan PKI.

Akhirnya, dengan di nahkodai oleh mendiang Buya HC Israr beserta beberapa tokoh lainnya, disepakatilah untuk mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama BKSM.

Sememjak berdirinya BKSM disamping menjalankan peran dalam mengatur jadwal khatib Jum’at untuk masjid-masjid yang ada di kota Payakumbuh, juga berusaha untuk melaksanakan program lainnya semisal peningkatan kapasitas anggotanya, juga memfasilitasi berbagai pelatihan bagi pengurus masjid sesuai kebutuhan.

Hingga setelah 51 tahun berlalu semenjak berdirinya, hari ini, Ahad tanggal 4 April 2021, bertempat di gedung Training College Labuah Baru Payakumbuh, puluhan mubaligh dan pengurus masjid se Kota Payakumbuh berkumpul untuk mengikuti musyawarah terkait berakhirnya masa periode kepengurusan BKSM sebelumnya.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum

Komentar

Tinggalkan Balasan