oleh

Ambil Sumpah Bamus, Ini Pesan Wabup RKN

Limapuluh Kota, Suarapribumi.co.id — Wakil Bupati Lima Puluh Kota Rizki Kurniaean Nakasri (RKN) melaksanakan pengambilan sumpah Badan Musyawarah Nagari se – Kecamatan Mungka periode 2021-2027 di Nagari Padang Loweh Kecamatan Mungka, Kamis (26/08/2021).

Berikut nama-nama anggota bamus Se-Kecamatan Mungka periode 2021-2027 yang diambil sumpahnya, bamus Nagari Mungka: John Herly, Adhil Edvin Dhiary, Syahril Walzi, Ahmadison, Zulfa edison, Maizar, Nursam.

Bamus Nagari Sungai Antuan: Haryanto, Agil Fernando, Nursyirwan, Hangga, Prima Maifirson, Syamsuarman, Yelni Putri.

Bamus Nagari Talang Maur : Muhammad Zen, Murni N, Rio Anggara, Anofrianto, Aris Wandi, Tito Muspikar, Neneng Darlis.

Bamus Nagari Jopang Manganti : Brian Dika Aminanda, Aprinol Zikri, Yefrizal, Aldi Safdiarton, Susi Delfia

Dalam sambutannya Wabup RKN mengatakan terkait dengan pandemi kondisi yang terjadi tidak hanya krisis kesehatan namun juga krisis keuangan global.

Wabup mengatakan tahun kemarin Limapuluh Kota mempunyai komoditi unggulan yakni manggis namun karena Lockdown ekspor terhenti.

“Padahal manggis ini jika diekspor harganya sangat tinggi dan juga Gambir kawasan Kabupaten Lima Puluh Kota adalah kawasan penghasil Gambir,” ujarnya.

Kecamatan Mungka termasuk kecamatan penghasil Gambir dengan 17.000 hektar kawasannya untuk budidaya Gambir tapi tidak bisa kita ekspor.

“Ada kabar gembira terkait dengan Gambir ini karena sudah ada beberapa kali kami rapat dengan kementerian dan perbankan dalam waktu dekat Insyaallah sistem residunya sudah bisa beroperasi dalam satu atau dua bulan ini jadi Bank BRI kemarin sudah menyatakan dan sudah meminta perusahaan pengelola residu untuk menjadikan resi untuk diuangkan ini adalah kabar baik untuk semua petani Gambir yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota,” ucap Wabup.

Untuk mengatasi persoalan pandemi ini RKN mengatakan sebenarnya pemerintah sudah memiliki kebijakan diantaranya kebijakan pemulihan ekonomi nasional dianggarkan sekitar Rp 700.000 oleh Pusat dan kebijakan pemerintah yakni percepatan pembangunan fasilitas salah percepatan vaksinasi.

Vaksinasi adalah faktor utama yang akan menentukan pemulihan ekonomi.

“Saya minta semua rekan-rekan Bapak Ibu Wali Nagari, Bamus dan semuanya mau divaksin dan mendukung vaksinasi untuk percepatan pemulihan ekonomi sehingga kehidupan kembali normal tidak ada lagi pembatasan arah kebijakan pemerintah kita yakni percepatan vaksinasi untuk pemulihan ekonomi. Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan sertifikat halal,” tuturnya.

Menurutnya saat ini untuk melakukan percepatan pembangunan nagari tidak bisa mengandalkan anggaran yang bersumber dari APBD.

“Kita bisa memanfaatkan 70.000 hektar lahan Gambir di kecamatan mungka APBN Nagari 1 sampai 2 miliar per tahun. Bupati Safaruddin sudah menetapkan bahwa tahun 2021 hingga 2024 kita memiliki lima agenda prioritas,” jelasnya.

Prioritas yang pertama pembangunan sumber daya manusia. Program-programnya banyak tetapi yang paling besar adalah akan mewajibkan program Tahfidz di seluruh sekolah SD dan SMP yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Kita akan mendorong terbentuknya Rumah Tahfidz di semua daerah yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Output yang kita inginkan adalah akan lahirnya Ribuan Orang penghafal Alquran setiap tahun di Kabupaten Lima Puluh Kota,” harap Wabup.

Strategi yang kedua adalah percepatan pada sektor pertanian. Ada tiga bidang yang akan dilakukan percepatannya yaitu, pertanian, perikanan, dan peternakan. Dalam bidang peternakan fokus adalah peningkatan populasi dan kambing dan sapi itu.

Badan Permusyawaratan Nagari merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Nagari. Bamus Nagari dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya Nagari. Bamus Nagari merupakan lembaga baru di Nagari pada era otonomi daerah di Indonesia.(Syafri Ario)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait