Pekan Budaya, Dinas Pertanian Limapuluh Kota Tampilkan Produk Unggulan dan Doorprize

Sarilamak, Suarapribumi.co.id — Bupati Limapuluh, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, membuka secara resmi pekan budaya di RTH Taman Mahkota Berlian, kawasan kantor bupati, Senin (1/5). Sejak dibuka stand UMKM dan OPD mulai ramai dikunjungi masyarakat.

Salah satunya Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Limapuluh Kota menampilkan hasil pertanian terbaik, stand ini juga menyediakan beberapa bibit unggul hasil binaan dinas setempat yang dapat dibeli oleh masyarakat.

Kepala Distanhortbun, Witra Porsepwandi, S.Pi kepada menyebutkan, bagi masyarakat yang datang berkunjung juga diberikan edukasi teknologi informasi, seperti teknik penanaman, jarak tanam, pengolahan lahan hingga pemilihan bibit yang baik.

“Salah satunya yang kami edukasi,seperti teknik penanaman padi Jarwo, yakni pola bertanam padi yang berselang-seling antara 2×1 atau 4×1, artinya dua atau empat baris tanaman padi dan satu baris kosong. Dengan teknik ini, hasil panen berlimpah dan memiliki jumlah rumpun yang banyak yang dapat meningkatkan pendapatan bagi petani,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa mitra dan produk pertanian untuk ikut andil dalam kegiatan ini, dalam menyediakan beberapa kebutuhan bagi petani, seperti benih, pupuk, racun dan obat-obat-obatan. bedanya, dengan yang ada dipasar adalah harga yang dijual jauh dari harga pasaran dengan barang yang berkualitas.

Salah satu mitra tersebut yakni, PT Agro Zuriat Mandiri salah satu perusahaan yang menyediakan benih atau bibit unggul, yang Kegiatan dan produksi benihnya langsung dilakukan di Nagari Situjuah Batua Kabupaten Limapuluh Kota.

“Ini juga sebagai upaya dari Distanhorbun dalam pengembangan hasil produk asli Limapuluh Kota, yang kualitasnya benihnya mampu bersaing dengan produk-produk lain, ” ucap Witra didampingi Direktur PT Agro Zuriat Mandiri Ir. Rasidin Azwar.

Ia berharap melalui stand pekan budaya ini, nantinya mampu menarik minat masyarakat untuk lebih dekat dengan dunia pertanian, semoga konsep edukasi yang diberikan dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam bertani, ungkapnya.

“Bagi masyarakat yang hadir melihat pekan budaya Limapuluh Kota, silahkan mampir di stand kami, ada edukasi dan produk pertanian unggul. Tidak hanya itu, bagi pengunjung nantinya juga berkesempatan mendapatkan berbagai macam door prize yang bisa dibawa pulang,” pungkasnya.

Nelia irawati, Ketua Kelompok Saiyo Sakato Nagari Balai Panjang menambahkan disini ditampilkan produk lokal unggul bersfitikat di Limapuluh Kota seperti Padi Junjung, Banang Pulau, Kakao.

“Ada produk kelompok tani, seperti bawang putih, pupuk organik, kemudian produk mitra pertanian ada diskon 30 persen seperti kromosom, round up, bahan pengurai trikoderma. Jangan lupa setiap jam 5 ada kuis,” ujarnya.(SyafriA)

Tinggalkan Balasan