oleh

Pasaman Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan M 4.9

Suarapribumi, Pasaman– Gempa kembali menggemparkan di Pasaman, pada Sabtu (12 juni 2021) pukul 04.37 WIB. Berdasarkan Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.05 LS dan 100.03 BT.

Pusat terjadinya gempa berada pada 25 Km barat daya Pasaman, Sumbar pada kedalaman 10 Km.

Gempa ini terjadi karena aktivitas Sesar Sumatera segmen Sianok. Gempa ini tidak berdampak begitu besar, hanya memberikan guncangan kecil saja dan hanya membuat benda kecil berjatuhan.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet, S.T., M.Si. mengakatan dalam aktivitas ini, belum ada tanda-tanda yag menunjukkan akan terjadinya gempa susulan. Namun, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Tetap periksa informasi resmi yang bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” ujar Irwan Slamet, Senin (14/6).

Pewarta: Alqiatun Aisyah

Komentar

Tinggalkan Balasan