Kreativitas Wakapolres Kompol Russirwan Manfaatkan Lahan Tidur Demi Kamtibmas

Payakumbuh88 views

Payakumbuh, Suarapribumi.co.id Kreativitas Wakapolres Payakumbuh, Kompol Russirwan terbilang sukses memanfaat lahan-lahan tidur masyarakat yang tidak tergarap menjadi lahan produktif dan membantu penegakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Wakapolres yang akrab disapa Ayah tersebut menjelaskan bahwa idenya membuka lahan tidur untuk digarap menjadi lahan pertanian dapat membantu keamanan masyarakat karena secara tidak langsung akan menyerap tenaga kerja di lingkungan sekitar.

“Jika masyarakat ada pekerjaan maka pengangguran akan berkurang, otomatis dapat meminimalisir resiko tingkat kriminal masyarakat karena sudah sibuk dengan bekerja dan menghasilkan uang,” jelasnya.

Ide tersebut kata Ayah, telah terbukti efektif untuk menegakkan Kamtibmas dan membantu perekonomian masyarakat sekitar pasca covid dan inflasi.

“Tadi kita panen sebanyak lebih kurang 2000 batang Mentimun di Piladang. Alhamdulillah hasilnya dapat dinikmati bersama petani dan pemilik lahan,” ujar Ayah.

Ayah menerangkan sistem kerjasama dengan pemilik lahan dan petani. Ayah Russirwan sebagai pemodal, pekerja masyarakat sekitar, dan pemilik lahan tidur yang belum termanfaatkan.

“Lahan tidur yang terlantar kita tawarkan kepada pemiliknya untuk diolah kemudian Ayah memodali. Hasilnya nanti kita bagi dengan pemilik lahan, pekerja dan hasil yang didapat seperempat untuk pemilik tanah,” jelasnya.

Selain lahan pertanian Mentimun, Ayah Russirwan juga sukses mengolah dua lahan lainnya yang ditanami tanaman Cabai dan Terong. Sebelumnya Ayah Russirwan juga sukses memanen berton-ton tanaman lainnya hingga mendapat penghargaan.

“Alhamdullah karena itu kita kemaren dapat Reward dari Wamentan, Ketua DPRD tingkat 1 dan bupati,” pungkasnya. (Syf)

Editor: Syafri Ario, S. Hum

Tinggalkan Balasan