oleh

Ketua Kadin antara Anindya Bakri vs Arsyad Rasjid, Ini Kata Indra J. Piliang

Jakarta, Suarapribumi.co.id – Musyawarah nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) batal terlaksana pada 2 hingga 4 Juni ini. Organisasi para pengusaha itu memundurkannya menjadi 30 Juni 2021 dengan Agenda utamanya, yaitu pemilihan ketua umum.

Dua kandidat yang bakal bersaing adalah Anindya Novyan Bakrie dan Arsyad Rasjid. Kedua kandidat gencar melakukan kampanye ke berbagai daerah

Terkait hal itu, Tokoh Nasional asal Sumbar, Indra Jaya Piliang (IJP) mengatakan siapapun yang terpilih nanti ia berharap Kadin juga memprioritaskan pembangunan kedepan ke arah laut barat Sumatera.

“Untuk pembangunan kedepan, menurut saya laut barat Sumatera perlu mendapatkan perhatian maksimal, jangan sampai ketua Kadin hanya berpikir dalam lingkaran pembangunan ekonomi di Jawa saja,” kata IJP di Jakarta, Sabtu (12/6).

Ia mengatakan bagaimanapun, pelampung terkuat ekonomi Indonesia sekarang berasal dari kontribusi ekspor dari Sumatera seperti dari CPO, agrobisnis, hingga produk-produk lain.

Menurutnya perhatian kepada sektor pertanian, agro industri, sampai sektor kelautan di Sumatera perlu menjadi prioritas.

“Nah, visi misi siapa yang cocok untuk itu, silakan pemilik suara memperhatikan,” ujarnya.

Dari 7 daerah tertinggal di Sumatera, seluruhnya ada di bagian barat Sumatera. Empat kabupaten di Sumut (Kepulauan Nias), Kab Mentawai, serta dua lagi di Sumsel.

“Jika ke 7 daerah tertinggal tersebut tidak segera dikembangkan ekonominya dengan pembangunan infrastruktur, terutama di bidang wisata dan kelautan (termasuk rotan, pinang, pala, cengkeh, kulit manis dan lain-lain) ya, akan membuat rapuh Sumatera sebagai penyangga utama Indonesia. Jangan hanya perhatian ke daerah-daerah tambang lah,” tutur IJP.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum

Komentar

Tinggalkan Balasan