Fenomena Anies di Sumbar, Riza Falepi: Politik Orang Minang, Politik Akal Sehat

Nasional91 views

Payakumbuh, Suarapribumi.co.id — Tim Bappilu DPP PKS, Wilayah Sumbagut, Riza Falepi menanggapi mayoritas pilihan politik masyarakat Sumatera Barat. Seperti diketahui dukungan kepada Anies Baswedan sebagai capres 2024 tak terbendung meskipun Sumbar pada pemilu sebelumnya adalah basisnya Prabowo Subianto.

Menurut Mantan Wali Kota Payakumbuh dua periode itu karena politik orang Minang adalah politik rasional atau politik akal sehat sehingga wajar mereka menjatuhkan pilihan ke Anies Baswedan ketimbang yang lain.

Dikabarkan, Anies Baswedan akan mengunjungi Sumatera Barat (Sumbar) besok pada 3-4 Desember dan akan disambut seluruh simpul relawan di Sumbar.

“Simpul-simpul relawan yang jumlahnya 30 lebih itu sangat antusias menanti kedatangan Anies Baswedan,” ujar Dewan Pembina Relawan Anies Baswedan Sumatera Barat (Sumbar) Zuhrizul di Padang, Jumat (2/12/2022).

Riza Falepi mengatakan untuk memilih pemimpin negri ini setidaknya ada tiga kriteria yang harus dipenuhi apalagi untuk menjadi capres dan cawapres yakni track Record yang baik, elektabilitas yang tinggi dan memiliki finansial yang cukup untuk pemenangan.

“Anies, mampu memenuhi tiga kriteria tersebut, Anies adalah gubernur berprestasi, elektabilitasnya tinggi, semakin hari terus meningkat, dan sudah mempersiapkan finansial untuk pemenangan,” ujarnya, Jumat (2/12/2022).

Mantan Wali Kota Payakumbuh dua periode itu juga menanggapi terkait banyaknya massa Prabowo Subianto yang menyebrang mendukung Anies Baswedan.

“Ke Pak Prabowo dak mungkin, orang Minang mau ditipu lagi dua kali. Pasti dak mau. Dulu ramai-ramai 212, tau-taunya nyebrang, mau ditipu lagi?,” kata mantan senator dapil Sumbar tersebut.

Bahkan kata Riza masa dan kader partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan banyak mendukung Anies Baswedan. Apalagi di Sumbar masanya adalah grassroot Masyumi.

“Pertanyaan saya sederhana mau ditipu dua kali dan pada akhirnya kader partai KIB akan cenderung ke Anies. KIB kalau ingin bertahan suaranya di pileg Sumbar pilih Anies. PPP dan PAN di Sumbar itu grassrootnya kental eks Masyumi,” pungkas Riza Falepi. (Int)

Tinggalkan Balasan