oleh

Akan Pilih Pengurus Baru, Karang Taruna Gempar Parit Rantang Diberi Pembekalan

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Puluhan anggota Karang Taruna Gempar mengikuti sosialisasi Kekarangtarunaan di Kantor Lurah Kelurahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (25/7).

Dalam sosialisasi ini dibuka oleh Lurah Parit Rantang Finto Handayana Putra, S.Si.T diwakili Kasi PEM Eki. Materi disampaikan narasumber oleh Kasi Kelembagaan Dinsos Metrial Saputra, dan Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Ade Vianora.

Lurah mengatakan kepengurusan KT Gempa sudah memasuki masa vakum, karena masa kepengurusan yang lama sudah habis, untuk itu perlu calon pengurus baru maupun yang lama diberi pembekalan sebelum dibentuk kepengurusan pada tahun ini.

“Setelah menerima materi, kami harapkan saat pembentukan pengurus baru nantinya untuk masa jabatan 3 tahun, Karang Taruna Gempar bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dengan menjalankan fungsinya dalam mengatasi permasalahan sosial di lingkungan kelurahan,” terang Eki.

Lurah juga menyebut, Parit Rantang merupakan daerah kelurahan dengan masyarakat yang heterogen, ada banyak suku yang berdomisili disana, maka untuk menyelesaikan masalah sosialnya, memang butuh sinergi yang epic antar lembaga kelurahan, dan lembaga lainnya.

Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Ade Vianora menyebut pedoman dari karang taruna ada Perda Nomor 24 Tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan di Kota Payakumbuh dan ada juga Permensos Nomor 23 Tahun 2013. Juga Ade menyinggung tentang dalam pembentukan pengurus Karang Taruna nanti, di Payakumbuh harus ada seksi khusus yaitu Seksi Taruna Anti Narkoba.

“Ada aturan yang mengatur usia dari anggota karang taruna, 13 sampai 45 tahun, serta juga ada aturan tentang kedudukan karang taruna di kelurahan, kita setara dengan LPM dan PKK, maka fungsi karang taruna dipastikan memiliki peran strategis di kelurahan, peran Taruna Anti Narkoba bisa menekan Penyakit Masyarakat di kelurahan,” kata Ade.

Sementara itu, Metrial Saputra dari Dinsos mengatakan upaya Pemko Payakumbuh dalam memfasilitasi kegiatan karang taruna dibuktikan dengan pengayaan intensif melalui Karang Taruna Kota Payakumbuh, serta karang taruna bisa bekerjasama dengan OPD lain untuk mencari jalan keluar dari permasalahan di kelurahan.

“Komitmen Pemko untuk meningkatkan kualitas SDM karang taruna dengan sosialisasi pembekalan seperti ini, kita berharap semoga dalam kegiatan ini, indikasi sasaran yang ingin kita capai terlaksana dengan baik,” pungkas Metrial.

Komentar

Tinggalkan Balasan