oleh

Wakil Terbanyak di Liga 3 Zona Sumbar, Semua Club dari Limapuluh Kota Lolos ke Babak 8 Besar

Limapuluh Kota, Suarapribumi.co.id — Sangat membanggakan, Gasliko, Aroma Taram dan Dualipa FC, tiga club asal Kabupaten Limapuluh Kota yang ikut berlaga pada penyisihan grup di Liga 3 zona Sumbar, ketiga-tiganya berhasil lolos ke fase babak 8 besar Liga 3 2021 Asprov PSSI Sumbar.

“Kita sangat bangga dengan sepak bola Limapuluh Kota. Dari 8 besar klub yang akan berlaga, 3 klub berasal dari Limapuluh Kota. Ini menandakan bahwa proses pembinaan dan pengkaderan pemain berjalan cukup baik. Satu hal lagi membanggakan kita, bahwa pemain kita adalah putra-putra terbaik Limapuluh Kota. Kita tidak mencari bibit luar, tapi kita fokus dengan potensi kita. Mudah-mudahan Liga 3 kali ini dimenangkan oleh salah satu klub Limapuluh Kota,” kata Ketua Askab PSSI Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) yang juga Wabup Limapuluh Kota tersebut, Kamis (18/11).

Tercatat Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi salah satu daerah dengan wakil terbanyak pada gelaran Liga 3 2021 Asprov PSSI Sumatera Barat. Tercatat ada tiga klub asal Luak Nan Bungsu itu yang ikut bersaing pada kompetisi musim ini.

Ternyata tidak hanya sekadar ikut, ketiga klub tersebut juga membuktikan bahwa keberadaan mereka patut diperhitungkan oleh kontestan Liga 3 2021 lainnya, lolosnya 3 tim tersebut diawali dengan pertandingan perdana sama-sama sukses menjungkalkan lawan-lawan mereka.

Gasliko pada laga terakhir Grub B yang dilaksanakan di GOR Singa Harau Limapuluh Kota, menggilas tim PS GAS SAWAHLUNTO
Walau sudah memastikan diri menjadi jawara grub B.

Aroma Taram memastikan melaju ke Babak 8 besar dengan posisi runner up di Grup A, Liga 3 2021. Kesebelasan PSKB Bukittinggi berhasil menjadi Juara Grup A Liga 3 Sumbar 2021 setelah membekuk PS Aroma Taram dengan skor mencolok 5-1 dalam laga pamungkas yang berlangsung di Stadion Ateh Ngarai, Bukittinggi, Minggu.

Kedua tim sebelumnya dinyatakan lolos ke babak selanjutnya setelah berhasil menang atas lawan-lawannya di Grup A hingga pertandingan terakhir ini menjadi perebutan tempat teratas.

Terakhir Dualipa yang menyusul langkah Gasliko dan Aroma Taram ke babak 8 besar Liga 3 2021 Asprov PSSI Sumbar. Pada pertandingan terakhir grup D di Stadion H Agus Salim, Padang, Sabtu sore lalu, klub yang baru berdiri pada awal 2021 itu berhasil menumbangkan satu-satunya wakil Kota Payakumbuh, Persepak dengan skor telak 4-0.

Pada pertandingan tersebut, Jovi Destrois kembali jadi pahlawan Dualipa FC dengan torehan hattrick-nya pada menit ke-43, 63′, dan 78′. Satu gol lain disumbangkan oleh Azizi pada masa injury time babak kedua.

Hasil itu membuat Dualipa FC mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan yang dijalani dan berhak duduk di peringkat dua klasemen grup D di bawah PSP Padang yang dipastikan keluar sebagai juara grup, setelah mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Tim berjuluk Pandek Minang ini masih menyisakan satu laga terakhir kontra Persikopa Kota Pariaman, Minggu (14/11).

Sementara untuk Persepak, kekalahan tersebut membuat mereka dipastikan tersingkir pada Liga 3 2021 Asprov PSSI Sumbar, setelah hanya mampu mengoleksi tiga poin dari tiga pertandingan.

Ketua Umum Dualipa FC, Jhonny Sandadinata mengaku bangga atas capaian timnya. Apalagi tahun ini adalah keikutsertaan perdana timnya di kompetisi resmi PSSI.

“Memang kami persiapkan kondisi yang sebaik-baiknya karena kita wajib menang. Jadi walaupun lawan kita adalah saudara kita sendiri, tapi inilah sepak bola. Bagaimanapun juga, kita harus selalu memberikan yang terbaik,” katanya setelah pertandingan.

Pewarta: Syafri Ario, S. Hum