oleh

Untuk Mengupdate Data IKM, Disnakerin Kota Payakumbuh Adakan Rapat Teknis

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Untuk mengumpulkan kembali data jumlah dari pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) kota Payakumbuh dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Industri kota Payakumbuh melakukan kegiatan rapat teknis pendataan potensi IKM. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini mengundang para pelaku usaha dari seluruh kelurahan yang ada di setiap kecamatan di kota Payakumbuh, mengawali sambutan oleh Kadis Nakerin Wal Asri pada awal sambutannya di Bakinco Resto (17/7).

Berdasarkan update data yang ada di Disnakerin kota Payakumbuh pada tahun 2015 lalu para pelaku usaha IKM berjumlah 1.738 unit usaha.

“Disnakerin sendiri mengumpulkan data terakhir untuk menghitung total jumlah pelaku usaha IKM di kota Payakumbuh pada tahun 2015 lalu yang berjumlah 1.738 unit usaha, dan melalui kegiatan ini setelah 4 tahun berselang hendaknya jumlah pelaku usaha di kota Payakumbuh dapat naik secara signifikan”, ucap Wal Asri.

Data IKM yang telah di kumpulkan oleh Disnakerin nanti dapat dimanfaatkan sebagai salah satu komponen yang digunakan untuk merencanakan program dan kegiatan di Dinas Tenaga Kerja dan Industri, khusunya pada bidang perindustrian.

“Sedangkan untuk manfaat lain dari data yang dikumpulkan ialah sebagai bahan penelitian bagi mahasiswa, LSM maupun instansi lain seperti BPS dan dari pihak swasta”, imbuhnya.

Dalam usaha industri sendiri terdapat beberapa bidang bagian yang terbagi dari bidang perubahan secara kimia atau fisik dari bahan dasar, unsur atau komponen untuk dikembangkan menjadi produk baru. Serta pada bidang pengolahan bahan baku, industri terbagi dalam bidang pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan atau penggalian.

Peserta dalam kegiatan rapat teknis yang berlangsung selama 2 hari tersebut berjumlah 83 orang mewakili unit usaha dari 47 kelurahan yang ada pada 5 kecamatan di kota Payakumbuh. Dan Melalui kegiatan ini Disnakerin kota Payakumbuh berharap nanti telah dapat menyediakan data dan informasi terbaru serta valid dari IKM yang ada di kota Payakumbuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan