oleh

TP-PKK Provinsi Berikan Pembinaan dan Bimtek, Henny Riza ; Kami Sedang Melakukan Inovasi

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Dalam meningkatkan peranan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), mulai dari tingkat kota/kabupaten, kecamatan dan desa serta kelurahan, TP PKK Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang dipimpin oleh Ketua, Ny. Nevi Zuairina dan jajaran, menggelar Pembinaan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK ke Kota Payakumbuh.

Rombongan TP-PKK Provinsi Sumatera Barat yang datang disambut langsung oleh Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi, bersama Wakil Ketua Ny. Maghdalena Erwin Yunaz, beserta para jajaran TP-PKK Kota Payakumbuh.

“Pembinaan dan Bimtek ini adalah kegiatan rutin yang lakukan di Provinsi, yang gunanya untuk mengingatkan kembali peranan PKK di tiap daerah, sehingga diperlukan adanya kordinasi”, tutur Ny. Nevi saat menyampaikan sambutan di Aula Ngalau Indah lantai 3 Balaikota baru ex. Poliko, Selasa (15/10).

Nyonya Nevi dalam sambutanya juga mengingatkan tentang peranan penting dari TP-PKK yang ada di daerah dalam mensukseskan 10 program pokok PKK, yang mana apabila dapat diterapkan akan menjadi sukses daerah dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan warganya.

“Segera mengantisipasi dengan memberikan penyadaran dan pemahaman pada keluarga dan masyarakat akan bahaya perilaku LGBT dan pemakaian narkoba melalui program pembinaan gerakan PKK sehingga keluarga dapat memberikan pola asuh serta keteladanan yang benar terhadap anak agar mereka terhindar”, katanya.

Turut ditambahkan, melalui Bimtek ini berharap kepada tim penggerak PKK Kota Payakumbuh ini agar melaksanakan pembinaan secara berjenjang pada kecamatan dan ke tim penggerak PKK dan kelurahan serta kelompok PKK di RW RT sampai ke kelompok dasa wisma secara kontinu dan berkelanjutan di daerah”, jelas Nevi.

Bahkan kata dia, pihaknya juga telah melaksanakan secara rutin kegiatan di TP-PKK, “Setiap tahunnya kita telah melaksanakan penilaian lomba kegiatan gerakan PKK secara berjenjang, yakni penilaian tingkat kecamatan dilanjutkan ke tingkat kota dan hasilnya dibawa ke penilaian tingkat provinsi Sumatera Barat dan seterusnya dilanjutkan ke tingkat nasional”, ujar Nevi.

Juga disampaikan, Kota Payakumbuh mempunyai kader-kader PKK yang sukses dan tekun, hal ini dibuktikan setiap ada kegiatan dan perlombaan baik di tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional, PKK Kota Payakumbuh selalu ikut serta dan berperan aktif, PKK Kota Payakumbuh sat ini telah berhasil mengangkat nama Kota Payakumbuh dalam lomba Hatinya PKK pada tingkat Sumatera Barat dan juga saat ini sedang melakukan persiapan untuk mengikuti lomba Hatinya PKK di tingkat nasional pada tahun 2020 mendatang”, pungkas Nevi.

Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa pembentukan karakter generasi muda, dimulai dari keluarga, dimana peran ibu-ibu kader PKK, dalam mengayomi keluarga, lingkungan dan daerahnya, sehinga dengan tingginya pengaruh globalisasi yang negatif yang masuk kedaerah, supaya dapat ditangkal dari karakter generasi muda yang diciptakan oleh seorang ibu.

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh, Nyonya Henny Riza Falepi dalam exposenya mengatakan bahwa TP-PKK kota Payakumbuh saat ini sudah memiliki aplikasi dalam menginput data secara online.

“Rencananya kita akan memberikan bantuan satu unit laptop untuk setiap kelurahan yang nantinya berguna dalam memasukkan atau entri data secara online yang aplikasinya masih terus dalam pengembangan dari Dinas Kominfo”, tukasnya.

Dilanjutkan, Kota Payakumbuh sudah memiliki aplikasi sama seperti yang dibuat DKI Jakarta, akan tetapi kita melakukan pengembangannya secara langsung dari Diskominfo, dan semoga untuk aplikasi ini bisa juga menjadi acuan bagi daerah lain di Sumatera Barat untuk diterapkan pada daerah TP-PKK masing-masing”, harap Henny.

Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh mengharapkan agar kader PKK di setiap lini agar dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, sehingga peranan PKK yang kita inginkan yang hadir di tengah masyarakat, benar-benar dapat diimplementasikan.

Sementara itu, Pembina TP-PKK Kota Payakumbuh Riza Falepi mendukung dan mengapresiasi kepada TP-PKK yang sudah bekerja secara maksimal dengan tulus dan ikhlas dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

“Selaku mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan TP-PKK, diharapkan untuk selalu berkoordinasi dengan OPD terkait. Koordinasi ini untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dalam pelaksanaan kegiatan bidang pembinaan karakter keluarga”, jelas Riza.

Selain itu, disampaikan bahwa dalam peningkatan pendidikan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, TP-PKK bekerjasama dengan OPD terkait mengadakan kegiatan keterampilan keluarga guna peningkatan dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM serta pengembangan kehidupan beroperasi”, ujarnya.

Pembina PKK berharap dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan dan bimbingan teknis TP-PKK di kota Payakumbuh ini dapat meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga di kota Payakumbuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan