oleh

Swasembada Jagung, Wabup RKN Fasilitasi MoU Kelompok Tani Batu Balang dengan Stakeholder

Limapuluh Kota, Suarapribumi.co.id — Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) menunaikan janjinya terkait program swasembada Jagung di Limapuluh Kota.

Wabup RKN bersama Bank Mandiri, Wali Nagari dan CV. Ikhwan Prima menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam kerjasama bantuan permodalan dengan petani jagung Pakan dalam Kelompok Tani (KT) Pioneer Batu Balang.

CV. Ikhwan Prima disini sebagai penyedia Saprodi (Sarana Produksi) Pertanian seperti: benih, pupuk dan Obat obatan tanaman, yang dikucurkan bukan dalam bentuk tunai sedangkan untuk pembiayaan sebelumnya dukungan bantuan modal sudah datang dari Bank BRI dan Bank Mandiri.

20 Anggota Kelompok Tani Pioneer tersebut nantinya akan menerima kucuran bantuan dari Bank Mandiri senilai 18 juta rupiah per Hektar Lahan.

Adapun bantuan yang disepakati tersebut sebanyak Rp 7 juta diterima tunai oleh masing masing Anggota Kelompok, Rp 7 Juta lagi untuk Saprodi dan sisanya yang Rp 4 juta akan menjadi Jaminan Angsuran di Bank selama 6 bulan.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, RKN dalam sambutannya mengatakan Limapuluh Kota sebagai sentra ayam petelur di Sumatera Barat, untuk saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan Pakan utama Ayam petelur, yakni jagung.

“Sehingga potensi pangsa pasar Jagung Pakan tentu sangat menarik. Kami di pemerintahan akan mendukung penuh Program ini, walaupun skemanya bisnis, tapi dengan kemudahan persyaratan bantuan Permodalan dari Pihak Bank akan sangat membantu dalam menggerakkan pertanian dan UMKM di Limapuluh Kota,” jelasnya.

Wali Nagari Batu Balang Dasril Syofiadi juga berperan aktif dalam memfasilitasi penanda tangganan MoU. “Kami akan membantu Bank Mandiri untuk menyeleksi Penerima bantuan modal, Jaminan kami sebagai pemerintahan Nagari adalah Kami rekomendasikan Anggota Kelompok yang “aman” dan memang mereka adalah Petani jagung yang memilik lahan untuk ditanami,” ujarnya.

Penanda tanganan Naskah atau MOU Nagari Mandiri Pangan antara Wali Nagari Batu Balang, Dasril Syofiadi dan Anggota Kelompok Pioneer dengan pihak Bank Mandiri disaksikan oleh Wabup Lima Puluh Kota dan Hardedi dari CV. IKHWAN PRIMA selaku Off Taker dan distributor Pupuk Indonesia yang menfasilitasi kegiatan ini.

“Semoga program “Membangun Nagari Mandiri Pangan” ini dapat menjawab kesulitan petani dalam permodalan dan ketersediaan Saprodi serta mewujudkan Lima Puluh Kota berswasembada jagung dalam waktu dekat,” Harap Hardedi.(Syafri/sp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait