oleh

Sebanyak 112 HPR Dilakukan Vaksinasi di Kelurahan OTS.

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan, drh Trisna Yessy menggelar aksi vaksinasi terhadap 112 HPR ( Hewan Pembawa Rabies) di Kelurahan Ompang Tanah Sirah Sejak kemaren.

Dalam melaksanakan salah satu tupoksi Puskeswan, drh Trisna Yessy yang datang bersama 11 petugas yang terdiri dari mantri hewan dan petugas profesional lainnya melalukan penyuntikan terhadap kucing dan anjing. Awalnya kegiatan vaksinasi HPR dipusatkan di Kantor Lurah, namun drh Yessy memandang hal itu kurang maksimal. Akhirnya tim memutuskan untuk turun langsung ke lapangan dengan mengunjungi rumah warga yang memiliki dan memelihara HPR.

Dihari kedua, Kamis (26/09/2019) tim vaksinasi ikut memvaksin 2 HPR jenis musang atau luak di kawasan RW III Talawi kelurahan OTS.

“Ya, sejak kemaren kita telah melakukan vaksinasi terhadap HPR di kelurahan OTS. Terima kasih atas kerjasamanya. Khususnya Pak Lurah OTS, Ketua RW, Ketua RT dan pemilik HPR. Saat ini pelaksanaan vaksinasi di wilayah Payakumbuh sudah 80%. Semoga 100% jelang akhir 2019, sehingga angka penyebaran virus rabies dapat kita tekan,”terang drh Yessy didampingi Beni dan Dafid

Dikatakan Yessy, di kelurahan OTS telah dilaksanakan vaksinasi terhadap 112 HPR.

“25 ekor anjing ditambah 2 musang dan selebihnya kucing. Itu yang telah kita vaksinasi di kelurahan ini. Bagi HPR yang membutuhkan pengobatan dapat dilakukan di UPTD Puskeswan Dinas Pertanian Kota Payakumbuh selama jam kerja. Itu GRATIS. Minggu depan kita aksi di kelurahan Taratak Padang Kampuang,”imbuhnya.

Diujung wawancara dengan impiannews.com, drh Yessy menyebutkan bahwa kegiatan tambahan akan dilaksanakan pada bulan Oktober s/d Desember 2019.

“Kita akan kembali gelar aksi nantinya. Selain Vaksinasi HPR, ada juga aksi penangkapan HPR Liar. Kami harap pemilik ternak HPR untuk dapat mengikat atau mengurung ternaknya di kandangnya. Terkait temuan 3 HPR teridentifikasi Rabies, kita sudah koordinasi dengan Veteriner Baso, “pungkas Yessy.

Lurah OTS, Erizal dalam sambutan singkatnya dihari kedua pelaksanaan vaksinasi mengucapkan terima kasih kepada Walikota Payakumbuh melalui UPTD Puskeswan Distan

“Terima kasih. Pemko Payakumbuh telah memfasilitasi kegiatan penekanan angka rabies. Rabies yang disebabkan HPR sangat berbahaya bagi warga. Termasuk pemiliknya sendiri. Tim bajkan sudah bergerilya hingga ke rumah warga. Sekali lagi, terima kasih Bu drh Yessy,”sebut Erizal.

Ucapan senada juga disampaikan Si Ap, pemilik HPR jenis anjing. HPR nya kesempatan itu mendapatkan vaksinasi anti rabies.

“Terima kasih, dulu kita memvaksinasi datang ke Puskeswan setiap 6 bulanan. Sekarang tim datang langsung. Terima kasih,”pungkas Ap.

Komentar

Tinggalkan Balasan