Puluhan Makan Korban, Jalan Lintas Payakumbu-Lintau Simpang Andaleh tak Kunjung Diperbaiki

Lima Puluh Kota1,354 views

Andaleh, Suarapribumi.co.id — Tercatat sekitar 10 orang dan 2 orang lebih diantaranya meninggal akibat kecelakaan tunggal di Jalan Lintas Payakumbuh-Lintau, tepatnya di Simpang Nagari Andaleh, Kecamatan Luak di depan Cafe Wonuru, Dt. Karongkong, Km 7.

Kepala Jorong Tarok, Nagari Andaleh Yoni Firdaus menyebut jalan tersebut lebih kurang sudah Lima tahun tak pernah diperbaiki. Terakhir direhab pada 2018 saat perhelatan Tour de Singkarak karena melewati jalur tersebut.

“Hanya ketika perhelatan Tour de Singkarak dulu ditambal sedikit,” ujarnya.

Ia mengakui memang 10 orang yang kecelakaan di jalan tersebut dan yang ia ketahui 2 orang diantaranya meninggal dunia.

Asrul Dt. Karongkong Kayo, Tokoh Masyarakat setempat yang Cafe miliknya pas berada di depan jalan itu, mengatakan bahkan pada Jumat kemaren (14/1) siang 1 orang kecelakaan Jumat malamnya dari Maghrib sampai Pukul 10.00 WIB sebanyak 4 orang, lalu esoknya Sabtu siang 1 orang.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Limapuluh Kota, Dapil Luak, Lareh Sago Halaban dan Situjuah, Wirman Dt. Pangeran nan Putiah ikut merasa prihatin dengan kondisi jalan yang telah banyak memakan korban.

Ia berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumbar agar benar-benar ada perhatian serius mengingat sudah banyaknya memakan korban di jalan tersebut dan berharap Pemprov segera untuk memperbaiki pada titik jalan yang rusak tersebut.

Banyaknya korban karena jalan lintas sedikit menurun dan pas di persimpangan, pengendara sering tak menyangka ada lubang yang menganga dan landai di tengah jalan.

Editor: Syafri Ario, S. Hum

Tinggalkan Balasan