oleh

Perpani dan Kwarcab 0314 Kota Payakumbuh Gelar Lomba Panahan

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Peringati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 dan Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019, Pemko Payakumbuh bekerjasama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) dan Kwarcab 0314 Payakumbuh menggelar lomba panahan untuk pertama kalinya sejak terbentuknya Pebgurus Perpani di Kota Randang ini di tahun 2019. Cabang olahraga panahan terintegrasi dalam salah satu cabang yang dilombakan dalam BOBB XIII di Payakumbuh.

Olahraga panahan menurut Wakil Walikota Erwin Yunaz  pada pagi Ahad (18/8), saat membuka lomba ini di Halaman Balai Kota merupakan olahraga yang melatih pemanah untuk akurasi dan lebih tajam dalam pengambilan keputusan. 

“Panahan melatih kita akurat. Agar akurasi menembak sasaran dan tujuan, butuh sebuah persiapan 2 sisi yaitu, mental dan spritual. Demi mencapai titik akurasi dibutuhkan sebuah ketenangan dan ketepatan. Untuk itu, pemanah sebelumnya telah ditempa oleh guru maupun pelatihnya,” kata Erwin.

Dikatakan, Pemko Payakumbuh sangat mengapresiasi Kwarcab dan Perpani yang sebelumnya telah mengarahkan gugus depan yang ada di Payakumbuh untuk mempersiapkan keterampilan dasar bagi atlit panahan di pangkalan, baik sekolah maupun madrasah.

“Panahan adalah pengamalan syariat islam. Melalui Perpani dan kwarcab kita akan siapkan atlit panahan Payakumbuh. Melalui pramuka kita siapkan generasi handal yang mencintai olahraga panahan yang tergolong baru di Payakumbuh,” sebut Erwin Yunaz

Meski termasuk cabor baru, Ketua Perpani Kota Payakumbuh, Suparman yang juga Wakil Ketua DPRD menyebutkan kalau Perpani Payakumbuh sudah tampil dengan prestasi.

“Atlit panahan Payakumbuh sudah pernah sabet medali perunggu di 2 kali Porprov. Porprov pertama raih 3 perak dan Porprov kemaren raih 2 Emas dan 2 perunggu. Meski baru sudah mengharumkan nama daerah. Tingkat Nasional, Panahan Payakumbuh juga lolos ke Pra PON tahun mendatang,” jelas Suparman.

Sementara itu, Ketua Kwarcab 0314 Payakumbuh Amriul Dt Karayiang membenarkan bahwa panahan merupakan cabang lomba terbaru di Best Of the Best Batiah (BOBB) Scout Competition XIII dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke 58 Tahun 2019. Dirinya juga menjelaskan bahwa sebelumnya Kwarcab 0314 Payakumbuh telah mengawali lomba tahfidz juzz 30 diikuti 41 pangkalan di Pra BOBB

“Cabang lomba panahan insyaallah akan menjadi cabang dalam BOBB sebagai agenda rutin kwarcab 0314 Payakumbuh. Peringatan Hari Pramuka ke 58 dan BOBB nantinya akan dibuka pada tanggal 22 Agustus 2019. Adapun peserta sebanyak 44 kontingen, 17 tingkat pangkalan SD, 13 pangkalan SMP dan 14 pangkalan Penegak,”pungkas Amriul yang juga menjabat Asisten III di Setdako Payakumbuh diamini Sekretaris Kwarcab Iwan.

Lomba panahan yang dilaksanakan di halaman Balai Kota Payakumbuh ini selanjutnya berlangsung fullday. Sebelum bertanding, atlit panahan yang terdiri dari 3 pa dan 3 pi dari tiap pangkalan diberikan arahan oleh Sekretaris Perpani, Iwan. Juara dan pemuncaknya akan diumumkan nanti di puncak pacara peringatan Hari Pramuka ke 58 di Kota Payakumbuh.

Komentar

Tinggalkan Balasan