oleh

MTsN 2 Payakumbuh Raih “Kado Istimewa”

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Dengan penuh persiapan ekstra, keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh dibawah komando Yenni Fitri dibantu Kaur TU Murda Ayudi dan jajaran dikunjungi Tim Visitasi Akreditasi dalam rangka verifikasi dan klarifikasi berkas penilaian pelaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di madrasah yang terletak di jalan KH Ahmad Dahlan Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Jelang kedatangan TP Akreditasi ini, keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh sebelumnya menerima pembekalan dari Profesor Asfar Amir dalam lokakarya yang digel;ar madrasah yang terletak di pinggir utara Kota Payakumbuh ini. Menyampaikan materinya Asfar Amir kala itu sengaja membagi 52 peserta lokakarya menjadi 8 kelompok sesuai tugas dan masing-masing sebagaimana diatur pada Penerapan dan pemenuhan aspek dari ketentuan 8 (delapan)Standar nasional pendidikan (SNP), yakni:

  1. standar isi;2. standar proses;3. standar kompetensi lulusan; 4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan; 5. standar sarana dan prasarana; 6. standar pengelolaan; 7. standar pembiayaan dan 8. standar penilaian pendidikan.

Dari kedelapan kelompok yang sudah lengkap dengan berkas per item tersebut, Asfar Amir kemudian memaparkan sekitar 122 indikator dan dokumen yang mesti ada dari tiap-tiap indikatornya.

Selanjutnya, Tepat pada Rabu dan Kamis (31 Juli dan 1 Agustus 2019) Tim Penilai Akreditasi yang terdiri dari 2 orang yaitunya Badan Akreditasi Nasional (BAN) wilayah kerja Provinsi Sumatera Barat, yakninya Martalena dan Harlita dengan teliti memeriksa 124 item indikasi pelaksanaan 8 Standar Pendidikan, sesuai regulasi berlaku. Kehadiran TP Akreditasi disambut Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh, H. Jufrimal didampingi Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri bersama Ketua Komite RA Dt. Paduko Alam.

Selama 2 hari TP menjalankan tugasnya di MTsN 2 Payakumbuh, kedua anggota tim pun mohon pamit dengan merekomendasikan agar seluruh bahan yang belum terinput di Aplikasi Sispena segera dilengkapi. Rekomendasi tersubut pun dilengkapi dan diinput Deni Mardinus sang Operator Sispena di MTsN 2 Payakumbuh.

“Semoga hasil penilaian Akreditasi kita tidak menurun. Karena ini terkait nilai jual potensi kepada masyarakat, serta menyangkut nama baik pimpinan, madrasah dan kelembagaan. kalau tidak akan paripurna. Setidaknya, samalah dengan tahun 2013. Kita berdoa, nilai Akreditasi A akan menjadi kado istimewa bagi MTsN 2 Payakumbuh jelang kami memasuki masa purna bhakti tanggal 1 April 2021. Sehingga penerus kepemimpinan kami selanjutnya, tinggal meningkatkan,” terang Yenni Fitri, sebut Yenni Fitri saat dihubungi di Manado, Senin (16/09/2019).

Dikatakan Yenni, Kita sudah terima kabar melalui WAG Akreditasi dan K3MTs terkait hasil Penilaian Akreditasi 2019, yang dilaksanakan beberapa bulan belakangan.

“Kabar gembira ini sudah kami terima, yakni melalui Surat Keputusan Ketua BAN S/M Nomor : 756/BAN-SM/SK/2019 Tentang Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Sumatera Barat Tahap I yang ditandatangani langsung Dr. Toni Toharudin tanggal 9 September 2019. Pada SK tersebut pada poin 680 tertera huruf Akreditasi madrasah kita ‘A’ dengan nilai angka capaian 92. Hasil ini adalah buah kerjasama kita semua. Terima kasih,”imbuhnya Yenni Fitri.

Ucapan dan ungkapan penuh suka cita disampaikan seluruh anggota keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh di WAG.

Ucapan selamat juga tampak disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, AH Agustion dalam WAG Pendidikan.

“Ucapan selamat kami sampaikan kepada semua sekolah dan madrasah yang telah keluar hasil akreditasinya. Semoga pendidikan di Payakumbuh kedepan semakin lebih baik,”tulis AH Agustion.

Komentar

Tinggalkan Balasan