oleh

Awal Tahun Ajaran Baru, Pengawas Pendidikan Monitoring ke SMP se-Kota Payakumbuh

Payakumbuh, SUARAPRIBUMI — Para pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh lakukan kunjungan ke sekolah-sekolah SMP se-Kota Payakumbuh. Hal tersebut dalam rangka monitoring proses pendidikan pada awal Tahun Ajaran 2019/2020.

“Ada 9 pengawas yang ditugaskan untuk memonitoring 18 SMP baik negeri maupun swasta se-Kota Payakumbuh,” ujar salah satu Pengawas Satuan Pendidikan, Refrizal Sam Datuak Kolai Dirajo, saat mengunjungi kampus Azhar, Padang Kaduduak, ICBS Payakumbuh, Kamis (18/7).

Kunjungan para pengawas dimaksudkan untuk memonitoring pelaksanaan PPDB, pelaksanaan awal tahun pembelajaran, dan kesiapan untuk akreditasi. “Monitoring dilakukan sesuai dengan jadwal yang disusun oleh kelompok pengawas masing-masing dengan program dan waktu yang ditentukan,” ucap Refrizal yang bertugas untuk SMP 2, SMP 6, SMP Muhammadiyah, SMP Al-Fath, dan SMP IT ICBS.

Dia mengatakan, monitoring bakal dilanjutkan dengan supervisi akademik dan supervisi manajerial. “Untuk supervisi akademik meliputi kesiapan perangkat pendidikan, silabus, RPP, buku sumber, buku nilai, program semester, dan program tahunan. Nanti kami supervisi juga seperti apa gurunya mengajar,” tuturnya.

Kemudian, supervisi manajerial untuk melihat bagaimana seorang kepala sekolah menata pengelolaan keuangan, pengelolaan sarana sehingga bisa dinilai kinerja seorang kepala sekolah. “Bagi kepala sekolah yang berprediket bagus tentu akan ada promosi maupun apresiasi dari dinas, nanti,” ucapnya.

Dikatakan Refrizal, dari monitoring yang dilakukan, akan ada evaluasi dan masukan bagi sekolah untuk terus melakukan inovasi-inovasi program. Hasil monitoring juga menjadi pertimbangan Dinas Pendidikan untuk mengambil kebijakan selanjutnya. “Misalnya kalau sarananya kurang bisa dianggarkan melalui DAK, kalau kekurangan guru bisa ditambah gurunya, dan persoalan-persolan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMP IT ICBS Ustaz Eddi Rusydi Arrasyidi menyambut baik kunjungan dari Pengawas Satuan Pendidikan. “Kehadiran pengawas tentu menjadi motivasi tersendiri bagi kami dalam menghadapi tahun ajaran baru ini,” ucapnya.

Alumni Pasca Sarjana IAIN Batusangkar ini menjelaskan, saat ini SMP IT ICBS juga sedang menggelar workshop bagi seluruh gurunya untuk menyiapkan program semester maupun program tahunan. “Makanya kami mengucapkan terima kasih atas arahan dan bimbingan pengawas terkait hal ini, meskipun kami sebagai sekolah swasta yang dikelola secara mandiri oleh yayasan, tentu tidak bisa mengesampingkan kewajiban-kewajiban kedinasan yang diberikan pemerintah kepada kami,” tutur Ustaz Eddi.

Komentar

Tinggalkan Balasan